Rahasia Awet Muda dengan Buah Tomat: Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

 Rahasia Awet Muda dengan Buah Tomat: Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI/NET Sejuta manfaat dari buah tomat untuk kesehatan (sumber foto by google, 24/02/23)--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Buah tomat atau Solanum lycopersicum merupakan salah satu buah yang seringkali dijadikan bahan masakan atau dijadikan sayuran.

Tidak hanya enak, buah tomat juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah tomat mengandung likopen, yaitu pigmen alami yang memberikan warna merah pada tomat.

Likopen dikenal memiliki efek perlindungan terhadap jantung dan pembuluh darah, karena dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Menjaga kesehatan kulit

Buah tomat mengandung vitamin C dan A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan membantu produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit, sedangkan vitamin A dapat membantu mengurangi keriput dan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

3. Menjaga kesehatan mata

Buah tomat mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Selain itu, buah tomat juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mempertahankan penglihatan yang baik.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah tomat mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, buah tomat juga mengandung likopen yang dapat membantu melindungi sel-sel usus dan mencegah terjadinya kanker usus.

Sumber: