Peran Penting Orangtua Dalam Pendidikan Anak

Peran Penting Orangtua Dalam Pendidikan Anak

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Peran orang tua dalam mendidik anaknya sangatlah penting, karena merupakan tanggung jawab terbesar mereka.

Peran orang tua dalam membesarkan anak bukan hanya sekedar memberikan kepastian dan kepercayaan diri.

Mungkin banyak orang tua yang salah kaprah bahwa pendidikan anak-anak mereka semua ada di tangan guru. Karena sejatinya, pendidikan pertama seorang anak dimulai dari rumah.

Pengawasan pembelajaran tentu sangat dibutuhkan oleh orang tua, terutama bagi siswa sekolah dasar yang sangat perlu untuk tetap diawasi.Penelitian lain oleh National Coalition for Parent Involvement in Education menunjukkan bahwa anak-anak berprestasi lebih baik selama mereka berpartisipasi dalam pendidikan anak-anak mereka, terlepas dari pendapatan atau latar belakang orang tua mereka. 

Memang, guru adalah kedua orang tua ketika anaknya di sekolah, dan guru mengajar dan membimbing anaknya ketika di sekolah, tetapi itu adalah tanggung jawab orang tua di rumah. Nah, disinilah peran penting orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak memang tidak mudah. Karena pendidikan merupakan aset terpenting yang harus dimiliki oleh manusia yang hidup agar dapat bertahan hidup dalam waktu.

BACA JUGA:

Saat ini, semakin banyak orang tua yang menyadari pentingnya memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka sejak usia dini.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anaknya. Banyak orang mencapai kesuksesan setelah mencapai usia dewasa dan membenamkan diri dalam dunia sosial yang nyata. 

Sebagai orang tua, kita juga tidak boleh berpuas diri. Penting untuk memantau aktivitas anak di sekolah dan di rumah. Hal ini karena dapat mempengaruhi bagaimana kelas diterima di rumah dan di sekolah.

Oleh karena itu, orang tua hendaknya lebih memperhatikan anaknya, mengenali potensi dan bakatnya, menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses belajarnya di sekolah, serta selalu memotivasinya untuk terus belajar.

BACA JUGA:

Sumber: