Kepribadian Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia

Kepribadian Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia

CW/CE Kegiatan pawai kemerdekaan di SDN 21 RL di ikuti secara antusias oleh siswa. --

NASIONAL, CURUPESKPRESS.COM-Tak sedikit orang yang meyakini bahwa karakter berkembang pada usia tertentu dan tetap sama di usia tua. Namun para ilmuwan mengatakan kepribadian ini bisa berubah seiring waktu. Proses ini biasa disebut perubahan kepribadian atau perkembangan kepribadian.

 

Kepribadian seseorang bisa mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Perubahan Kepribadian ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pengalaman hidup, perkembangan otak, perubahan hormon, dan lingkungan sosial. 

 

Berikut beberapa cara kepribadian bisa berubah seiring bertambahnya usia:

 

1. Pengalaman Hidup

SEMAKIN seseorang mengalami berbagai pengalaman dalam hidupnya, semakin besar kemungkinan perubahan dalam kepribadiannya. Pengalaman positif dan negatif bisa membentuk pandangan dunia seseorang dan memengaruhi nilai-nilai serta sikap mereka.

 

2. Perkembangan Otak

OTAK manusia terus berkembang sepanjang hidup, meskipun dengan tingkat perkembangan yang berkurang seiring bertambahnya usia. Perubahan dalam otak dapat memengaruhi kemampuan kognitif dan emosional seseorang, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kepribadiannya.

 

3. Perubahan Hormon

PERUBAHAN hormonal yang terjadi selama bertambahnya usia, seperti pada masa remaja, menopause, atau andropause, dapat memengaruhi suasana hati, tingkat energi, dan tingkat stres seseorang, yang semuanya dapat berdampak pada kepribadian.

Sumber: