12 Macam Jamur Yang Memiliki Manfaat dan Aman Untuk Dikonsumsi

12  Macam Jamur Yang Memiliki Manfaat dan  Aman Untuk Dikonsumsi

12 macam jamur-ist-

 NASIONAL, CURUPEKPRESS.COM - Banyak varian jamur yand dapat anda temui dipasaran dan ada juga yang mungkin tidak anda ketahui Karena tidak mudah untuk diperjual belikan. Jamur menjadi salah satu makanan favorit yang dapat diolah atau disajikan dengan bahan makanan lain.

Untuk diketahui pada tiap 79 gram jamur terdapat : 15 gram kalori, 0,2 gram lemak, 3,5 gram sodium, 2,3 gram karbohidrat, 0,7 gram serat, 1,4 gram gula dan 2,2 protein. Dengan manfaat yang cukup banyak untuk sekali konsumsi. Namun, perlu diingat ada juga yang tidak aman untuk dikonsumsi.

Jadi sebelum anda ingin mengkonsumsi jamur ada baiknya anda mengetahui 12  macam jamur yang memiliki manfaat dan  aman untuk dikonsumsi. 

1. Jamur Kuping

Tekstur pada jamur ini berbeda yaitu kenyal. Warnanya dapat anda temui hitam ataupunn kecoklatan. Jamur kuping juga dikenal dapat menghilangkan gejala anemia. Jamur kuping kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur ini dianggap membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

2. Jamur  Enoki

Biasanya berwarna putih dan panjang. Jamur ini rendah akan kalori namun kaya akan serat, vitamin B, serta mineral seperti kalium dan seng.Enoki termasuk ke dalam fungi pertama yang dapat memberikan manfaat menurunkan kadar kolestrol serta tekanan darah. 

3. Jamur Tiram

Tekstur pada jamur ini mirip seperti daging dengan ukurannya yang cukup besar. Jamur tiram memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral. Dengan lapisan serat seperti memakan daging. Kandungan nutrisi di dalamnya bagus bagi kesehatan tubuh. 

 4. Jamur Kancing Putih

Merupakan jamur yang sangat mudah untuk anda jumpai. Dengan manfaatnya yang dapat membantu melawan pertumbuhan tumor serta memiliki sumber vitamin D.

 5. Jamur Kancing Cremini

Teksturnya lebih kuat daripada jamur kancing putih. Dengan warnanya yang coklat. Ukuran yang dimiliki dari yang kecil hingga ukuran sedang. Kandungan di dalamnya terdapat mineral dan vitamin. Antioksidan yang ada dapat melindungi sel. Lalu Jamur ini terbukti dapat menyembuhkan kanker prostat.

 BACA JUGA:Dosen Unib Latih Petani Suro Ilir Pembibitan Jamur Tiram

Sumber:

Berita Terkait