Pertolongan Pertama pada Vertigo, Tak Harus Selalu Minum Obat

 Pertolongan Pertama pada Vertigo, Tak Harus Selalu Minum Obat

CE Pertolongan Pertama pada Vertigo, Tak Harus Selalu Minum Obat-ist-

HEALT, CURUPEKSPRESS.COM - Vertigo adalah suatu kondisi yang dapat membuat Anda merasa pusing, seolah-olah lingkungan sekitar Anda berputar atau bergerak. Meski bukan suatu penyakit, vertigo nyatanya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biasanya pertolongan pertama pada pusing tidak serta merta bergantung pada penggunaan obat. Beberapa langkah yang dapat membantu meringankan gejala:

 

Istirahat dan Tetap Tenang

 

Saat serangan vertigo, sangat penting untuk beristirahat dan tetap tenang. Usahakan untuk duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman. Hindari bergerak terlalu cepat atau melakukan gerakan yang dapat memperparah pusing.

 

Maneuver Epley

 

Maneuver Epley adalah serangkaian gerakan kepala yang dapat membantu membersihkan partikel-partikel kecil yang dapat tersangkut di telinga bagian dalam dan dapat menyebabkan pusing. Namun, sebaiknya lakukan ini di bawah bimbingan profesional seperti dokter atau ahli terapi fisik.

 

Pemanasan atau Pemijatan

 

Melakukan pemanasan atau memijat lembut bagian leher dan sekitarnya dapat membantu memperlancar peredaran darah dan mengurangi ketegangan yang dapat memperburuk gejala vertigo.

Sumber: