Bupati Pantau UNBK di SMPN 1 Kepahiang

Selasa 24-04-2018,15:57 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

KEPAHIANG, CE - Hari pertama pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP sederajat dikabupaten kepahiang diwarnai dengan insiden server eror. Kejadian ini membuat peserta merasa cemas karena tidak bisa mengoperasikan komputer lantaran server mengalami disconect dari pusat.

Kejadian ini berlangsung selama satu jam dari pukul 07.30 wib hingga 08.30 wib di SMP Negeri 1 Kepahiang. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 kepahiang, Sapuandi M Pd mengatakan jika server mengalami gagal sambungan dari pusat selama 1 jam.

"Iya ada 1 ruang ujian mengalami gagal sambungan,akibatnya server tidak bisa terkoneksi langsung,ini mengalami gangguan dari pusat,pada peserta ujian nasional berbasis komputer pada sesion pertama sejak pukul 07.30 wib sampai 08.30 wib," sampai Sapuandi pada Senin (23/4)kemarin.

Menurut Kepsek, gagalnya sambungan berasal dari server pusat."Kita khawatir sekali jika terjadi gangguan, dari 4 ruang ujian ternyata ada 1 ruang yang mengalami gagal sambungan ke server pusat. Ini kemungkinan karena banyaknya peser ta ujian se Indonesia yang melaksanakan UNBK," kata Sapuandi.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kadis Dikbud Dr Hartono M Pd mengatakan jika gangguan koneksi pada server ini lah yang ditakutkan oleh peserta, namun ia tak menampik kesalahan pada sistem tersebut.

"Kita sudah berusaha pelaksanaan ujian nasional ditingkat SMP bisa berjalan lancar,namun tidak bisa kita menyalahkan jika terjadi kesalahan pada sambungan sistem pada server pusat,harapan kita seluruh peserta ujian nasional berbasis komputer bisa mengikuti ujian dengan sisa waktu nya dan dinyatakan lulus," imbuh Hartono.

Disis lain, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM yang mendapat informasi jika terjadi gangguan sambungan pada server langsung memantau pelaksanaan ujian.

"Begitu dapat informasi jika terjadi gangguan sambungan pada server di SMP Negeri 1 kepahiang saya langung kesini memantau langsung pelaksanaan ujian,mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan peserta ujian lulus semua," kata Bupati saat ditemui tengah memantau pelaksanaan Ujian Nasional di SMP Negeri 1 Kepahiang didampingi Plt Kadis Dikbud.(CE3/krn)

Tags :
Kategori :

Terkait