MI Guppi 13 Tasik Malaya “Alih Status”, Jadi MIN 5 RL

Jumat 18-02-2022,10:17 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Mewujudkan mutu pendidikan dan cita-cita masyarakat Desa Tasik Malaya Kecamatan Curup Timur. Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Gabungan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam (Guppi) 13 Tasik Malaya pada tahun 2022 ini akan beralih status menjadi sekolah negeri.

Disampaikan Kepala MIS Guppi 13 Rejang Lebong Mustakim S.Pd, pengajuan alih status negeri sudah diusulkan sejak tahun 2013 lalu, namun akhir tahun 2021 pengajuan tersebut baru di setujui (acc,red).

"Alhamdulillah setelah proses yang sangat panjang, dari internal hingga kepemerintah pusat, insyaallah kalau covid-19 tidak naik kembali, dan anggaran sudah tersedia, tahun ini MIS Guppi 13 Tasik Malaya akan beralih status menjadi negeri," ujar Mustakim.

Disampaikannya tujuan alih status menjadi sekolah negeri itu salah satunya adalah permintaan dari warga setempat, dimana MIS Guppi merupakan satu-satunya Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Tasik Malaya.

"Mayoritas siswa kami ini kan merupakan masyarakat Tasik Malaya dan sekitarnya, jadi warga sangat berharap agar sekolah bisa gratis dengan status negeri nantinya," sampai Mustakim.

Disisi lain, pihak sekolah juga mengharapkan agar alih status menjadi negeri tersebut dapat terlaksana pada tahun ini. Karena dengan status sekolah yang menjadi negeri tentu akan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, baik itu dari segi sarana, pendanaan, SDM, dan juga kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat memajukan sekolah.

"Kami juga sudah mintak izin kepada pihak yayasan, dan alhamdulillah pihak yayasan menyetujui alih status tersebut jika memang untuk kemajuan sekolah," terangnya.

Untuk itu sesuai dengan yang sudah diputuskan oleh pemerintah pusat, jika tahun ini perealisasian dan peresmian alih status dapat dilaksanakan, MI Guppi 13 Tasik Malaya akan berganti nama menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Rejang Lebong.

"Semua upaya sudah kami lakukan, jadi untuk sekarang kami hanya bisa berdoa agar covid-19 tidak naik lagi, dan perealisasian alih status sekolah kami menjadi negeri bisa terlaksana," ujar Mustakim.

Dirinya juga bergharap, sebagai satu-satunya SD yang ada di desa Tasik Malaya, kedepannya akan memberikan prestasi dan kontribusi yang nyata untuk pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong.

Tags :
Kategori :

Terkait