Operator Sekolah Lebih Pro-Aktif, Ajukan Proposal Bisa Lewat Aplikasi

Jumat 18-02-2022,11:37 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dalam upaya sekolah melakukan pengusulan bantuan yang anggarannya bersumber dari APBN, sudah tidak seperti dulu lagi yang harus melampirkan berkas dalam bentuk fisik. Namun dokumen pengusulan bantuan sarana dan prasarana sekolah yang berasal dari DAK fisik, kini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Dapodik (data pokok pendidikan).

Sebagaimana yang disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Reza Pakhlevie, SH, oleh sebab itu saat ini pemerintah pusat melalui Dikbud mendorong seluruh operator sekolah untuk lebih pro-aktif dalam mengoperasikan aplikasi Dapodik.

"Sekarang untuk bisa menerima bantuan DAK fisik, operator sekolah memang harus lincah dan pro-aktif manggunakan Dapodik, karena untuk melaporkan berbagai kerusakan yang terjadi pada sarpras sekolah itu pelaporannya melalui Dapodik," sampai Kadis.

Kadis melanjutkan, DAK fisik berupa sarpras sejatinya adalah untuk membantu setiap satuan pendidikan dalam rangka rehabilitas atau perbaikan sarana prasana yang ada disekolah tersebut. Ini juga disesuaikan dengan jenis kerusakan yang diisi oleh pihak sekolah melalui aplikasi dapodik.

"Operator tinggal mengisi daftar kerusakan apa aja, kemundian tingkat kerusakannya apakah termasuk ringan, sedang atau berat," terangnya.

Diterangkannya, dalam hal ini kerap terjadi masalah, dimana ada beberapa sekolah yang mempertanyakan mengapa sekolahnya tidak mendapat bantuan? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah operator di sekoleh tersebut yang kurang aktif dalam mengoperasikan aplikasi Dapodik.

"Masalah seperti itu sering terjadi, maka kita Dikbud mendorong meraka ini jangan sampai ketika DAK fisik baru tersedia, sekolah mereka tidak bisa memanfaatkan kesempatan itu," ucapnya.

Lanjutnya, upaya yang dilakukan Dikbud seperti menggelar pelatihan terhadap operator sekolah untuk meningkatkan kualitas SDM sudah dilakukan, hanya saja tinggal bagaimana operator tersebut bisa memaksimalkannya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait