Harga Gula Aren Melejit

Jumat 18-02-2022,12:25 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Harga jual gula aren saat ini mengalami kenaikan khususnya di Kabupaten Rejang Lebong. Diketahui Harga gula aren ditingkat petani aren saat ini mencapai Rp 15 ribu/Kg, darisebelumnya hanya Rp. 12. ribu/Kg.

Sumali (28), seorang petani pembuat gula aren di Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur, menuturkan kenaikan harga gula aren, dipengaruhi banyaknya permintaan, sementara produksi saat ini mengalami penurunan.

"Harga saat ini mengalami kenaikan jika sebelumnya Rp 12 ribu/Kg sekarang menjadi Rp 15 ribu/Kg," ungkap Sumali.

Sumali mengatakan, harga jual gula aren ditingkat petani mengalami kenaikan karena banyaknya permintaan konsumen dan produksi saat ini menurun. Sambung Sumali, kenaikan sendiri sudah terjadi sejak sepekan lalu.

"Sekarang permintaan memang sedang meningkat, dalam seharinya bisa mencapai 15/Kg sampai 20/Kg," ujarnya.

Dan dikatakan Sumali, biasanya kenaikan harga pada produksi gula aren juga karena mendekati bulan puasa Ramadhan.

Senada dengan yang disampaikan Arohman (40), Harga gula aren akan mengalami kenaikan karena meningkatnya permintaan dari konsumen, selain itu menjelang bulan Ramadhan.

"Harga jual gula aren itu tergantung kami akan mengirim kememana, karena kalau kami mengirim keluar kota itu tentu biaya ongkos kami yang menanggungnya, oleh karena itu harga gula are naik," terangnya.

Gula aren di Air Meles Atas ini peminatnya banyak dari luar kota seperti Jambi, Palembang dan Jakarta. Bahkan dari kalangan masyarakat Rejang Lebong sendiri sangat sedikit peminatnya.

"Kami lebih banyak menjual gula aren ini ke luar kota," tukasnya (Mg1)

Tags :
Kategori :

Terkait