10 Metrik dan KPI Digital Marketing yang Harus Dipantau

Rabu 04-06-2025,16:48 WIB
Reporter : Desi AP
Editor : Nike Okta
10 Metrik dan KPI Digital Marketing yang Harus Dipantau

Selain menentukan metriks yang akan dijadikan sebagai KPI, angkah berikutnya adalah memilih tools analytics yang tepat. Pemilihan alat analitik yang sesuai akan mempermudah proses pengumpulan data, pelacakan metrik penting, serta pelaporan hasil kepada tim atau manajemen.

Dalam memilih tools analytics, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti, sesuaikan fitur tool dengan kebutuhan spesifik bisnis, serta memilih yang mendukung fokus utama jenis kampanye atau saluran digital yang digunakan dalam strategi pemasaran.

Berikut adalah beberapa tools analytics populer yang sering digunakan oleh digital marketer:

Google analytics: untuk melacak metriks traffic website.

Meta Business Suite: untuk memantau performa postingan Facebook atau Instagram.

Platform CRM Cloud: untuk melacak KPI terkait interaksi pelanggan dan otomatisasi komunikasi.

Metrik dan KPI berperan penting sebagai alat navigasi untuk memahami performa, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta mengambil keputusan berbasis data yang akurat. Digital marketing yang sukses bukan hanya tentang menjangkau banyak audiens, tetapi juga tentang bagaimana mengelola, mengukur, dan mengoptimalkan setiap strateginya.

 

Kategori :