Sampah Perayaan Tutup Tahun Meningkat

Senin 02-01-2017,16:36 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Perayaan pergantian tahun 2017 banyak dilakukan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya di lokasi lapangan Setia Negara.  Hanya saja perayaan tutup tahun itu meninggalkan tumpukan sampah yang jumlahnya mengalami peningkatan. Dimana banyak masyarakat yang datang membuat sampah di sembarang tempat. Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Rejang Lebong, Ir Amran melalui Kabid Kebersihan, Zukarnain menyampaikan bahwa pada Minggu (1/1) mengatakan bahwa tim sapu jalan miliknnya bekerja ektra untuk membersikan sampah di lapangan. Pasalnya sampah yang berserakan di lapangan lebih banyak daribisanya. "Banyaknya sampah tersebut karena sampah dari masyarakat yang merayakan tahun baru  di sini," katanya .

Sampah tersebut sendiri lebih didominan dengan sampah plastik minuman dan cemilan,  dan hal tersebut juga membuat mereka memakan waktu lebih lama untuk membersikan. "Kebayakan sampahnya botol plastik minuman dan juga sampah kantong cemilan," sampainya.

Meningkatnya jumlah sampah tersebut bukan hanya terjadi di lapangan Setia Negara, namun hampir di seluruh pembuangan meningkat dua kali lipat dari biasanya. Hal tersebut mengakibatkan waktu pengambilan sampah menjadi lebih lama.  Semuanya menangkat hal tersebut karena  masyarakat memenga banyak mengunakan barang yang  menyebakan sampah menjadi banyak, ditambah lagi dengan sampah dari usai perayaan yakni kulit jagung. "Ya sampah makanan dan sampah kulit jagung juga banyak  ditemukan," terangnya.

Sementara itu penjaga Balai Agung lapangan Setia Negara, Heri menyampaikan jika pada hari-hari besar memang jumlah sampah akan meningkat. Sebab masyarakat memang  banyak melakukan aktifitas di lapangan ini. "Karena pusat keramaian cuma di lapangan, sudah jelas jika hari besar pasti jumlah sampah akan lebih banyak dari biasanya," terangnya. (CE1)

Tags :
Kategori :

Terkait