SMPN 5 Rejang Lebong Latihan Sandi Pramuka

Senin 16-01-2017,16:37 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Beberapa siswa SMPN 5 Rejang Lebong pada Sabtu (14/01) kemarin melaksanakan latihan Pramuka di lapangan SMPN 5 Rejang Lebong. Latihan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan perlombaan yang akan diikuti para siswa. "Latihan kali ini kami belajar sandi morse Pramuka," ujar Pinru SMPN 5 Rejang Lebong Edo Mandala (13).

Edo mengatakan bahwa dalam Pramuka, sandi merupakan hal yang penting karena sering digunakan dalam kegiatan mencari jejak. "Kami belajar sandi ini agar dapat memecahkan sandi dalam kegiatan latihan pramuka," ungkapnya Selain itu lanjut Edo, jumlah yang latihan hari ini ada 16 orang dengan Tujuan kegiatan latihan pramuka ini adalah untuk melatih kedisiplinan, kerja sama dan tanggung jawab. "Jumlah kami ada 16 orang kak, antara lain 8 Pria dan 8 wanita. Latihan ini bertujuan agar kami disiplin, dapat bekerjasama serta bertanggung jawab kak," tambah Edo

Disisi lain, Pinru wanita Oktaviani (15) mengungkapkan hal yang sama, bahwa latihan kali ini mereka belajar memecahkan sandi morse, ini dilakukan agar dapat memecahkan kode pada saat perlombaan yang sebentar lagi akan mereka ikuti di SMAN Merigi Kepahiang. "Latihan kali ini kami belajar sandi kak, hanya saja kami beda tempat latihan, ini diilakukan untuk mempersiapkan diri dalam rangka lomba di SMAN Merigi Kepahiang," ujar Okta.

Adapun peserta pramuka tidak hanya diberi penjelasan mengenai sandi namun mereka langsung memecahkan sandi yang sudah disiapkan oleh pembimbing mereka. Sementara pembimbing latihan pramuka tersebut Edi Diopa (17) mengatakan bahwa latihan sandi dilakukan dari pukul 13.00 hingga 16.00 Wib. Latihan ini agar dapat mempertahankan prestasi yang telah didapat oleh pihaknya.

"Selain mempertahankan prestasi dibidang Pramuka, ini dilakukan agar siswa dapat melatih kedisplinan dan memiliki rasa tanggung jawab," tegasnya. Lanjut Edi, kegiatan latihan pramuka dibagi menjadi 4 pos, yaitu pos Baris berbaris, pos lagu-lagu daerah, pos Kode kehormatan pramuka, dan pos refleksi.  "Latihan ini dibagi 4 pos, ini dilakukan agar siswa yang mengikuti lebih semangat dalam menjalani latihan," ungkapnya.(CW6)

Tags :
Kategori :

Terkait