1 Kecamatan, 1 Kampung KB

Rabu 18-01-2017,14:08 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

LEBONG, CE - Kabupaten Lebong akan memiliki 1 kampung Keluarga Berencana (KB) disetiap Kecamatan. Dikatakan Kepala DP3 PP dan KB Kabupaten Lebong, M Syahroni SSos melalui Sekretaris DP3 PP dan KB, Dahranudin bahwa program tersebut akan direalisasikan pada tahun 2017 ini."Saat ini Kabupaten Lebong sendiri memiliki 12 Kecamatan, jadi nantinya akan ada 12 kampung KB yang akan kita canangkan pada tahun 2017 ini," sampainya.

Dikatakannya, dalam pencanangan kampung KB ini tentu banyak hal yang tentunya harus dipersiapkan, diantaranya kerjasama dengan dinas instansi terkait.  "Untuk pelaksanaan kampung KB ini secara maksimal, tentunya memerlukan kerjasama juga dengan pihak-pihak yang lain sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masing-msing kampung tersebut," katanya. Kerjasama dengan dinas terkait ini, misalnya akses jalan yang sulit, tentunya nanti hal tersebut akan kita konsultasikan kepada Dinas PU mengenai bagaimana solusinya.

"Contoh lain misal mereka memiliki masalah dalam bidang pertanian, nanti juga akan kita bantu ko sultasikan dengan pibak dinas pertanian, jadi apapun yang mereka butuhkan yang menjadi kendala dalam mensejahterahkan hidup mereka semua akan dibantu," terangnya. Kemudian program tersebut khusus diperuntukkan bagi desa-desa yang mengalami keterbelakangan jika dibandingkan dengan desa lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Tentunya desa-desa yang dipilih untuk menjadi kampung KB ini adalah desa yang termasuk kedalam kategori tertinggal, hal ini memang perlu dilaksanakan untuk tempat-tempat seperti itu agar mereka dapat terbebas dari ketertinggalan dan diharapkan dapat terbebas dari ketertinggalan sehingga dpat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menjadi desa produktif dan mandiri, " jelasnya.

Dahranudin mengatakan, untuk nama-nama desa yang akan dicanangkan untuk menjadi kampjng KB tersebut sudah diajukan, dan hanya tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja dari pusat.  "Pembukaan pelaksanaan program Kampung KB ini sendiri akan dimulai serentak di seluruh Indonesia, dan untuk pembukaannya nanti kemungkinan akan dihadiri bupagi dan hanya dipusatkan pada satu lokasi desa saja, dan desa lainnya diharapkan dapat mengirimkan perwakilannya ke desa tersebut, namun desa yang akan dijadikan lokasi pembukaan program Keluarga KB ini masih belum kami tentukan lokasinya, dan masih perlu dikoorfinasikab dengan pihak-pihak lainnya," pungkasnya. (CE2)

Tags :
Kategori :

Terkait