BKD Invetarisir Aset Berbasis Aplikasi

Jumat 24-03-2017,22:23 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

KEPAHIANG, CE - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepahiang, terus melakukan inventarisasi aset dan tertib administrasi dalam pengadaan  aset. Mulai dari Kabupaten Kepahiang dimekarkan hingga sekarang. Bahkan BKD memiliki aplikasi berbasis jaringan untuk menyimpan data  administrasi aset daerah. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKD Dr Peryandi SSOs MM pada Kamis (23/3) kemarin.

"Tidak mungkin berani kami kalau tidak ada tertib administrasi. Terlebih OPD saya ini merupakan lembaga penyaluran anggaran. Bila tidak jelas administrasinya bisa masuk (Penjara) saya.  Pasti saya dulu sekali diperiksa pihak berwenang," ujar Peryandi. Hal tersebut membantah tudingan selama ini, bila pengadaan aset di Pemkab Kepahiang bermasalah karena tidak adanya kejelasan administrasi serta hukum, yang mengakibatkan  banyak aset daerah tak memiliki kejelasan alas haknya.

Peryandi juga menegaskan pihaknya langsung merespon permintaan Pansus Aset DPRD dengan berkirim surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait permasalahan aset daerah  yang belum di P3D kan oleh Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Rejang Lebong. "Sudah kita kirimkan surat kekemendagri sesuai dengan permintaan pansus," ungkapnya. Peryandi memastikan dalam waktu satu minggu kedepan harus sudah menerima jawaban dari Kemendagri. Jikapun tidak ada surat balasan maka dirinya memastikan akan menjemput bola ke  Kemendagri di jakarta. "Kalau belum juga ada balasanya saya akan datang langsung kekemendagri untuk menanyakan kejalsan surat kita," tuturnya.

Dalam perkara aset sendiri terpada permasalahan dimana banyak aset yang belum diserahkan atau di P3D kan pasca dimekarkannya Kabupaten Kepahiang dari Kabupaten Induk Rejang Lebong 2003 lalu. Selain itu ada juga aset yang sudah diserahkan namun tanpa melampirkan bukti kepemilikian (Sertifkat) serta bukti administrasi lainnya. Sehingga perkara tersebut tengah ditelusuri DPRD melalui Pansus I dan II. (CE3)

A. Data Aset Belum Diserahkan 1. Tanah Lokasi Rumah Sakit di Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi 2. Bangunan Rumah Sakit di Kelurahan Durian Depan Kecamatan Merigi 3. Tanah Lokasi Perumahan Dinas di Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi 4. Bangunan Perumahan Dinas di Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi 5. Tanah Lokasi Pabrik Nilam di Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi 6. Bangunan Pabrik Nilam di Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi B. Data Aset yang sudah di P3D kan tanpa bukti kepemilikan 1. Lokasi Pasar Tradisional Kepahiang di Kelurahan Pensiunan Kecamatan Kepahiang 2. Tanah lokasi pasar Kepahiang di Kelurahan Pensiunan Kecamatan Kepahiang 3. Bangunan Terminal Pasar Kepahiang di Pensiunan Kecamatan Kepahiang 4. Sebagian besar Sekolah Dasar (SD) Cuma ada foto copy sertifikat sementara, sertifikat asli belum diserahkan 5. Tanah dan Bangunan Kantor SKB Ujan Mas. sumber: Data dari bagian Aset BKD Kepahiang

Tags :
Kategori :

Terkait