60 Persen Desa Rawan Bencana

Rabu 10-05-2017,16:22 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

TUBEI, CE- Dari 109 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Lebong, sebanyak 60 persen diantaranya merupakan desa tergolong rawan bencana. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong menetapkan Lebong darurat bencana. Apalagi pasca kejadian banjir dan longsor Jum’at (5/5) lalu, sampai saat ini masih mengancam longsor.

“Potensi bencana yang ada di Lebong ini cukup banyak, hampir di seluruh Kecamatan di Lebong rawan bencana longsor dan banjir. Sampai saat ini Kabupaten Lebong masih berstatus darurat bencana dengan intensitas curah hujan yang masih tinggi,” ungkap Kepala BPBD Lebong, Drs Samsul Bahri.

Ditambahkan Syamsul, daerah rawan bencana di Kabupaten Lebong tersebar di 10 Kecamatan. Untuk bencana banjir rawan terjadi disepanjang aliran Sungai Ketahun terutama di Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Uram Jaya, Lebong Sakti hingga Bingin Kuning. Kerawanan banjir juga terjadi di wilayah Kecamatan Pelabai yang dilalui Sungai Air Santan. Untuk bencana longsor rawan terjadi di sepanjang jalur lintas Lebong- Bengkulu Utara, Lebong-Curup dan jalur Muara Aman- Pinang Belapis.

“Intensitas curah hujan yang cukup tinggi ini tentunya rawan terjadinya bencana. Untuk masyarakat kita imbau untuk waspada terutama warga yang berada di aliran sungai ketahun dan aliran sungai lainnya,” imbau Syamsul.(**)

Tags :
Kategori :

Terkait