Pranoto dan Asli Siap jadi Sekda, 2 No Comment, 1 Menolak

Senin 09-08-2021,10:00 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dua Pejabat di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, menyatakan kesiapannya untuk mengikuti seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Hal ini mengingat jabatan Sekda RL, H RA Denni SH MM berakhir pada 1 Agustus lalu.

BACA JUGA: Kisi-Kisi 5 Pejabat Berpeluang jadi Sekda

Adapun 2 pejabat tersebut, yakni Asisten I Setdakab RL Pranoto Madjid SH MH dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) RL, Dr Asli Samin.

"Kalau saya tentu masalah jabatan Sekda itu hak pak Bupati. Siapa pun yang bakal diangkat jadi Sekda, tentu ada aturan dan prosedur yang berlaku," sampai Pranoto saat dihubungi wartawan Minggu (8/8) kemarin.

Menurut Pranoto, jika pun nanti ada seleksi terbuka jabatan Sekda. Kemungkinan besar dirinya juga akan ikut seleksi. Karena menurut Pranoto, secara syarat dirinya sudah mencukupi untuk mencalonkan diri sebagai Sekda.

"Seleksi terbuka, Insya Allah kita ikut. Paling tidak kita sudah memenuhi syarat formal, bukan saya sendiri tapi juga banyak kawan-kawan senior lain juga yang sudah memenuhi syarat," sampainya.

Senada disampaikan Asli Samin, yang mengaku juga siap ikut seleksi jabatan Sekda. Selain sudah memenuhi syarat, hal ini kata Asli Samin juga guna mendukung program Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM.

"Yang pasti secara administrasi kita memenuhi syarat. Insya Allah ikut (seleksi terbuka, red). Terpilih atau tidak terpilih sepenuhnya diserahkan kepada Bupati. Dan pada intinya Bupati tentu akan memilih yang terbaik daripada yang terbaik," katanya.

Berbeda halnya dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju STTP MSi. Meski pun secara administrasi sudah memenuhi syarat, namun ditegaskan Khirdes bahwa dirinya mengaku belum kepikiran untuk menjabat sebagai Sekda.

"Tidak ikut. Karena kita lihat dulu kepantasan, kepatutan, etika pemerintahan dan sebagainya. Apalagi usia masih muda. Oleh karena itu, untuk sementara kita tidak ikut karena banyak senior-senior lain yang lebih pantas," ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setdakab RL Ir Afnisardi ketika dihubungi no commen terkait ikut atau tidak perihal seleksi terbuka Sekda. Meskipun, secara administrasi Afnisardi juga sudah mencukupi.

"No Comment Bib," singkatnya.

Tags :
Kategori :

Terkait