Tahapan Pilkades Dimulai Januari

Selasa 07-09-2021,11:35 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan pada Januari mendatang, tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk 61 Desa yang ada di Rejang Lebong sudah dimulai. Adapun total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 1,6 Miliar dan sudah diusulkan pihaknya dalam KUA-PPAS 2022.

"Untuk pemilihan masih cukup jauh, namun Januari tahapannya sudah kita mulai," sampai Kadis PMD Rejang Lebong Drs Suradi Rifai, kemarin di Rejang Lebong.

Dikatakannya, jika pada Januari tersebut tahapan yang dimulai yakni tahapan sosialisasi Pilkades, pada panitia dan pada masyarakat. Termasuk sosialisasi aturan dan mekaniseme dari penyelenggaraan Pilkades tersebut, yang akan dilakukan cukup lama pada seluruh tingkatan desa yang akan menyelenggarkan Pilkades.

"Dan juga salah satunya persiapan yang kita lakukan sudah mengajukan dan mengusulkan anggaran pilkades tersebut," ungkapnya.

Dimana untuk hari pemilihan sendiri akan digelar sesuai dengan perkiraan pihakanya antara September dan Oktober mendatang. Pasalnya jabatan masing - masing kades tersebut rata - rata habis masa jabatan pada Agustus mendatang, dimana kita pjs kan terlebih dahulu, baru menuju pemilihan.

"Jika ada yang habis pada Juli juga tetap kita menunggu sampai seluruh masa jabatan 61 kades tersebut habis, dan kita gelar sesuai dengan aturan dan meknisme yang berlaku," terangnya.

Temasuk juga pihaknya tengah mengyiapkan regulasi untuk pemilihan tersebut sesuai dengan aturan yang terbaru, dan mulai menyampaikan pada pemdes yang ada untuk mulai bersiap, dalam pegelaran pilkades itu sendiri. Karena untuk tahapan ini memang cukup panjang mulai dari penggaran, sosialisasi dan juga pemilihan.

"Namun dengan adanya pilkades ini, harapan kita situasi desa tetap aman dan nyaman, siapa pun nantinya yang menjadi kades mereka pilihan masyarakat," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait