47 Desa Belum Cairkan DD Tahap II, Ditambah 18 Desa Belum Cairkan ADD

Rabu 08-09-2021,09:31 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan, sampai dengan saat ini masih ada puluhan desa yang belum menyelesaikan pengajuan dan pencairan Dana Desa (DD) untuk tahap kedua. Dan ada belasan desa yang belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Rejang Lebong.

"Tepatnya 47 Desa belum Cairkan DD Tahap II. Ditambah 18 Desa belum Cairkan ADD," sampai Kadis PMD Rejang Lebong Drs Suradi Rifai kemarin di Rejang Lebong.

Dikatakannya untuk DD di Rejang Lebong tahap I sudah teresaliasikan 100%, dan untuk DD tahap II ada 75 Desa yang DD nya sudah masuk pada Rekening Kas Desa (RKD) hanya menyisakan 47 desa yang belum tersebut. Tindaklanjut bagi desa yang belum saat ini sudah terus diimbau dan diperingatkan untuk sesegera mungkin melakukan pengajuan.

"Serta kita infmasikan untuk DD ini yang dalam hal ini untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga September ini sudah 100 % dilakukan, termasuk 8 % untuk penangan covid 19 ditingkat desa juga telah 100 % terealisasikan," ungkapnya.

Disampaikannya saat ini tinggal lagi menunggu pemerintah desa yang belum mengajuan untuk menyelesaikan, sehingga bisa berjalan pada tahap berikutnya, pasalnya saat ini sudah pada September, hanya menyisakan kurang dari 4 bulan menuju akhir tahun, ditakutkan kegiatan yang ada pada desa, jika pemdes mereka lamban akan terkendala dan terhambat," terangnya.

Sementara itu untuk ADD di Rejang Lebong saat ini progresnya sudah cukup fantastis, pasalnya sudah 104 desa yang ADD nya sudah masuk dalam RKD masing - masing, hanya menyisakan 18 desa yang masih dalam tahap pengajuan, dimana pihaknya dalam hal ini terus mengimbau pada pemerintah desa untuk sigap dalam mengajukan dan merealisasikan dua anggaran tersebut.

"Hal ini guna kemajuan desa masing - masing yang dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait