Sukses Gelar Wisuda dan Pengukuhan Guru Besar, Gerbang IAIN Menuju UIN Kian Terbuka

Senin 25-10-2021,09:44 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUP EKSPRESS ONLINE - Setelah pada tanggal 22 - 23 Oktober 2021 kemarin, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup sukses menggelar wisuda 515 Mahasiswa dan pengukuhan Guru Besar Prof. Dr Idi Warsah SPd I MPd I. Ini semakin memperjelas terbukanya gerbang IAIN Curup menjdi Universitas Islam Negeri (UIN).

Hal ini sebagaimana dalam sambutan Rektor IAIN Curup Dr Rahmad Hidayat MAg MPd. Menurut Rahmad, dalam dua agenda besar tersebut membuktikan jika IAIN sudah siap menuju UIN.

"Senat kita sudah menyetujui, dan langkah awal pengusulan sudah kita lakukan, sehingga mungkin satu atau dua tahun kedepan kita sudah bisa beralih status menjadi UIN," sampainya.

Dikatakan IAIN Curup sudah layak menjadi UIN, hal ini dilihat dari sejumlah aspek yang jauh telah memenuhi syarat untuk menjadi UIN. Namun tetap ada hal lain yang perlu disiapkan untuk menunjang alih status tersebut, seperti jumlah Prodi dan SDM tenaga pendidik di IAIN Curup.

"Dimana sembari mengusulkan alih status, sembari juga melengkapi apa yang masih menjadi kekurangan," ungkapnya.

IKE/CE

Penyematan Kalung Jabatan Jubah Toga tanda dikukuhannya Guru Besar Prof. Dr Idi Warsah SPd I MPd I

Dalam pengukuhan Guru Besar Prof. Dr Idi Warsah SPd I MPd I yang sudah dilakukan pihaknya, hal tersebut menjadi sejarah kedua untuk kampus dalam mengukuhkan dosennya mendapat gelar tertinggi dalam bidang kependidikan. Menjadi salah satu spirit mental untuk dosen yang lainnya bisa mengikuti jejak guru besar yang satu ini, dengan usia mudah sudah bergelar guru besar tersebut, dengan harapan kedepan lebih banyak lagi dosen - dosen IAIN bergelar yang sama.

"Dimana kami berharap pada Guru Besar Prof. Dr Idi Warsah SPd I MPd I, bisa lebih banyak bisa memberikan kontribusinya dalam membangun kampus IAIN Curup, sehingga IAIN Curup semakin besar, terutama kedepan IAIN Curup akan menuju UIN, dimana syarat minimal ada 4 dosen dengan gelar Prof atau ada 4 guru besar pada kampus kita ini, dan dosen yang ada saat ini silahkan dibantu dan dibimbing untuk bisa mendapat gelar serupa," terangnya.

Kedepan pihaknya ingin pada 2022 setidaknya ada 8 Dosen yang dapat dikukuhkan pihaknya untuk gelar serupa, pasalnya saat ini ada 8 dosensedang mengusulkan gelar prof dan guru besar tersebut, kami berharap 8 dosen ini bisa dikukuhkan, jika memang tidak bisa 8 dalam satu tahun, maka 1 dalam satu bulan pada tahun depan.

"Serta kedepan tenaga pengajar pada kampus IAIN Curup, juga akan kita dorong seluruhnya dapat menyelesaikan program Doktor mereka, sehingga tidak lagi ada tenaga pengajar IAIN Curup yang hanya bergelar Magister atau S2 saja," jelasnya.

Untuk menunjang IAIN menuju UIN dalam sambutan saat wisda Rektor juga meminta lulusan ini dapat menjaga nama baik kampus IAIN Curup, dan bisa berkontribusi secara nyata pada masyarakat Rejang Lebong setelah lulus dari IAIN Curup, sehingga IAIN Curup terus menerus mendapat kepercayaan dari masyarakat, yang akan terus membuat IAIN semakin maju, dan dapat mewujudkan IAIN Curup menuju UIN Curup.

"Wisudawan yang akan menjadi alumni IAIN Curup, silahkan jaga nama baik, kita butuh dukuangan kalian untuk menjadikan IAIN Curup menjadi UIN Curup, dimana kita mentergetkan dalam dua tahun kedepan IAIN Curup sudah dapat beralih status menjadi UIN," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

Tags :
Kategori :

Terkait