Dari Pelaksanaan Kuliah Umum BPIP RI, Kampus IAIN Curup “Nyata” Jaga Pencasila

Kamis 18-11-2021,09:27 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Dr. Rahmad Hidayat MAg MPd menyampaikan dalam sambutannya, jika adanya kuliah umum yang diisi langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA. Ph.D adalah salah satu bentuk nyata dukungan pihaknya untuk menjaga ideologi Pancasila tetap utuh di Rejang Lebong. Lewat kampus IAIN Curup yang menjadi salah satu medianya, sehingga pencasilah terus membumi di Rejang Lebong.

"Dimana Pancasila dan pendidikan akan dikelaborasikan dikampus IAIN Curup, sehingga pemahaman lebih jauh untuk menjaga Pancasila tetap terjunjung tinggi," sampai Rahmad.

Dengan adanya kuliah umum tersebut, akan sangat bermanfaatkan untuk kampus IAIN Curup dan sekitarnya. Dan dengan harapan ini bisa memicu semangat yang lebih dalam menjaga Pancasila sebagai idiologi yang ada pada lingkungan kampus dan wilayah sekitarntya.

"Dimana materi kuliah umum ini bisa kita impementasikan secara nyata dalam menjaga Pancasila sebagai idiologi bangsa," terangnya.

Adapun dalam kuliah umumnya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA. Ph.D, menyampaikan dengan adanya agenda pengisian materi kuliah umum tersebut untuk mempererat legitimasi pendidikan keagamaan dan Pancasila yang harus beriringan disandingkan dalam pendidikan, salah satunya pada kampus IAIN curup tersebut.

"Legitimasi agama dan Pancasila harus diperkuat, dengan sejumlah pembinaan yang pihaknya lakukan, salah satunya lewat kuliah umum ini," ungkapnya.

Dengan harapan akan menambah wawasan seluruh civitas akademika IAIN Curup.

"Sehingga bisa meluruskan persepsi mengenai idiologi Pancasila, dan bisa menyebarkan pendidikan Pancasila ini, kemasyarakat umum," ujarnya.

IAIN Curup Teken PKS Bersama BPIP

Sementara itu dengan adanya penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Deputi Diklat BPIP dengan Wakil Rektor Bidang Akademik, akan merujuk adanya SDM atau dosen - dosen kampus IAIN Curup nantinya yang dapat mengikuti pelatihan dan diklat mata kuliah Pancasila.

"Jadi SDM kita bisa ada pelatihan secara langsung dari BPIP," sampai Wakil Rektor Bidang Akademik Beni Azwar, kemarin di Rejang Lebong.

Tags :
Kategori :

Terkait