Serapan Anggaran Capai 65 Persen, Bupati: Tergolong Rendah

Selasa 23-11-2021,09:38 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM menyebut bahwa serapan Anggaran di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 65 persen. Hal ini kata Bupati, berdasarkan Rapat Pimpinan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2021 yang digelar di ruang rapat Bupati RL, Senin (22/11) kemarin.

"Sampai saat ini, dari total anggaran yang sudah terserap itu 65 persen," ujar Bupati kepada wartawan.

Bupati tidak menapik dengan menjelang berakhirnya tahun 2021 ini, realisasi anggaran tersebut masih tergolong rendah. Namun sebut Bupati, dari hasil Rapim TEPRA juga diketahui bahwa bukan tidak terserap, melainkan hanya administrasinya saja yang belum diajukan ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

"Bahasanya bukan tidak terserap, sudah terserap tapi mekanisme administrasi saja yang belum diajukan ke kekuangan. Tapi Kami berharap, sesegera mungkin para OPD untuk mengajukan administrasi," sampainya.

Disisi lain disampaikan Bupati pihaknya berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk proaktif dalam melakukan penyerapan anggaran. Hal ini mengingat tahun 2021 segera berakhir.

"Dalam rapat TEPRA kami juga mengingatkan kepada 12 OPD yang saat ini, belum mencapai target atau masih jauh dari target untuk segera melakukan penyerapan," katanya.

Sementara kata Bupati tentu penyerapan anggaran juga menjadi salah satu bahan evaluasi pejabat di ruang lingkup Pemkab Rejang Lebong. Sehingga Bupati berharap betul, masing-masing pejabat OPD untuk benar-benar kreatif, proaktif dan inovatif dalam menjalankan tupoksinya masing-masing termasuk penyerapan anggaran. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait