Berharap Gula Aren TRL Go Nasional

Sabtu 19-02-2022,10:34 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebagai salah satu daerah penghasil gula aren yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, akhir tahun  2021 Kelurahan Talang Rimbo Lama (TRL) mendapatkan bantuan gedung rumah produksi gula semut mis nau melalui program kotaku, dan sejak awal tahun 2022 rumah produksi gula semut tersebut sudah aktif, dan dikelolah oleh kelompok penerima pemanfaatan (KPP) Kelurahan TRL.

Disampaikan anggota KPP Kelurahan TRL Azan Fajri, tujuan didirikannya rumah produksi gula semut, untuk membantu petani agar mudah dalam menjual hasil dari produksi gula aren, dan juga agar gula yang dijual bisa diekspor hingga keluar daerah.

"Kalau untuk pembelian gula aren dari petani kami bayar secara cash, dan kami ingin agar produksi gula aren di kelurahan kami bisa dikenal oleh masyarakat luas melalui KPP," ujarnya.

Sambung Azan, meski demikian pihak KPP akan tetap memilih gula yang memang benar-benar layak untuk dipasarkan hingga keluar daerah.

"Untuk kualitas gula, kami tetap mengutamakan gula yang benar-benar memiliki kualitas yang bagus, karena gula yang kami produksi lagi disini akan dipasarkan hingga keluar daerah," terangnya.

Azan juga menyampaikan, untuk saat ini memang modal dari produksi Gula Semut Nau tidak menggunakan dana dari kelurahan ataupun KUD, melainkan masih menggunakan modal KPP bersama.

"Kalau dari program kotaku, kami hanya mendapat bantuan gedung beserta semua alat untuk memproduksi gula Semut Mis Nau, namun untuk modal produksi kami anggota KPP masih menggunakan dana pribadi," sampainya.

Disisi lain, guna memperkenalkan produk gula semut mis nau Kelurahan TRL kepada masyarakat Indonesia, pihaknya berharap agar pemerintah setempat bisa membantu produksi gula semut mis nau, baik itu biaya produksi maupun support lainnya.

"Saya yakin gula semut mis nau ini bisa go nasional, karena kualitas gula yang kami produksi ini merupakan gula pilihan, dan tentunya hal tersebut juga tidak akan terwujud jika tidak ada dukungan dari pihak-pihak terkait," tukasnya. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait