CURUPEKSPRESS.COM - Bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2023, akhirnya Tiktok Shop di Indonesia mulai beroperasi lagi.
Ini setelah Tiktok Shop bersama dengan PT Go To Gojek Tokopedia menjadi kemitraan strategis. Hal ini juga diumumkan langsung via siaran pers melalui situs resmi Tiktok Indonesia.
BACA JUGA:Makanan Viral Tiktok Resep Cromboloni
Dimana sebelumnya, Tiktok Shop di Indonesia sempat dihentikan pengoperasiannya sementara waktu. Namun pada 12-12, Tiktok Shop di Indonesia beroperasi lagi dengan menggandeng Tokopedia.
"PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan TikTok pada hari ini mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional," bunyi siaran pers di situs TikTok.
BACA JUGA:Cara Mencari Ide Jualan dari Barang Terlaris di TikTok Shop
Diketahui bahwa kedua platform ini akan digabung dibawah PT Tiktok. Dimana Tiktok memiliki kendali atas PT Tokopedia. Sedangkan untuk fitur layanan belanja dalam aplikasi Tiktok akan dioperasikan atau dikelola oleh Tokopedia.
Oleh karena itu, dengan telah beroperasi tiktok shop maka seller pun saat ini bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center. Lalu pertanyaannya, apa yang harus disiapkan dan cara mengaktifkan akun Tiktok Shop kembali ?
BACA JUGA:Ramai di Tiktok Ini Dia Sinopsis Film Five Nights at Freddy's Adaptasi Game Scott Cawthon
Cara Mengaktifkan TikTok Shop Kembali
Ketika TikTok Shop ditutup, "Mode Libur" di akun penjual akan secara otomatis diaktifkan. Oleh karena itu, penjual perlu menonaktifkan "Mode Libur" dengan langkah-langkah berikut:
1. Buka "Akun Saya" di Seller Center.
2. Klik "Pengaturan".
3. Tekan opsi "Mode Hari Libur" untuk menonaktifkannya.
4. Setelah itu, produk dari penjual akan muncul dan dapat diakses kembali oleh pelanggan.
BACA JUGA:Begini Cara Mudah Download Video Tiktok Tanpa Watermark
Ini Yang Harus Dipersiapkan untuk Jualan Kembali
Untuk berjualan kembali di TikTok Shop, penjual perlu melakukan beberapa langkah di Seller Center:
1. Kelola Produk dan Stok
- Tambahkan produk baru dan periksa status produk yang sudah ada.
- Pastikan setiap produk memiliki informasi lengkap, termasuk nama, gambar, atribut, dan deskripsi.
- Update stok produk dan sesuaikan harga.
2. Kelola Opsi Pengiriman
- Tentukan berat dan dimensi produk.
- Periksa opsi pengiriman, apakah melalui platform atau oleh penjual.
- Pilih metode pembuatan tanda terima.
BACA JUGA:Segera Update, Ada Fitur Baru di Tiktok Lho!
3. Kelola Promosi dan Kolaborasi Afiliasi
- Atur promosi produk yang diinginkan.
- Atur kolaborasi afiliasi (sebelumnya disebut sebagai program afiliasi).
- Periksa promosi yang sedang berjalan.
- Penjual yang sebelumnya mengikuti kampanye, seperti program biaya pengiriman, masih dapat menggunakannya.
4. Kelola Customer Service
- Atur akses tim customer service.
- Kelola daftar pertanyaan umum (FAQ).
- Aktifkan asisten Chat Bot.
BACA JUGA:Coba Sekarang, Ini 3 Web AI Pembuat Poster Disney Pixar yang Lagi Viral di Tiktok
5. Hubungkan Produk dengan Video Pendek atau Sesi LIVE
- Tautkan produk Anda ke video pendek atau dalam sesi LIVE untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan pelanggan.