Inilah Alasan Mengapa Lampu Utama Sepeda Motor Wajib Dinyalakan pada Siang Hari

Senin 28-10-2024,10:00 WIB
Reporter : MUDRIK
Editor : Desi AP

CURUPEKSPRESS.COM - Mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa lampu utama sepeda motor harus dinyalakan pada siang hari, terutama di negara tropis dengan pencahayaan matahari yang melimpah.

Hal ini bukan sekadar aturan lalu lintas yang dibuat tanpa alasan, tetapi memiliki tujuan utama dalam meningkatkan keselamatan pengendara.

Berikut ini beberapa alasan mengapa lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari dan manfaatnya dalam berkendara.

 

1. Meningkatkan Visibilitas Pengendara

Lampu utama yang dinyalakan pada siang hari membantu pengendara lain, baik pengguna mobil maupun sepeda motor, untuk lebih mudah melihat keberadaan kita di jalan.

Dengan lampu yang menyala, sepeda motor menjadi lebih terlihat, terutama di lingkungan dengan banyak kendaraan atau dalam kondisi jalan yang ramai.

Peningkatan visibilitas ini membantu mengurangi risiko kecelakaan karena pengendara lain dapat lebih cepat bereaksi.

BACA JUGA:Tips untuk Melindungi Motor Anda dari Pencurian

BACA JUGA:Tips Aman Membonceng Anak Menggunakan Sepeda Motor

 

2. Mencegah Terjadinya Kecelakaan Akibat Area Blind Spot

Area blind spot atau titik buta sering kali menjadi penyebab kecelakaan antara sepeda motor dengan kendaraan yang lebih besar, seperti mobil atau truk.

Lampu utama yang menyala membantu kendaraan lain mengenali keberadaan sepeda motor lebih cepat.

Hal ini sangat membantu terutama saat berada di belakang kendaraan yang lebih besar atau saat melakukan manuver seperti menyalip.

Kategori :