BLH-KP Ajak Masyarakat Bersih

BLH-KP Ajak Masyarakat Bersih

LEBONG, CE - Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLH-KP) Kabupaten Lebong mengeluhkan tidak adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan. Padahal BLH-KP memiliki program untuk menciptakan Kabupaten Lebong yang bersih "Kita mengajukan usulan tentang kegiatan sosialisasi langsung ke lokasi, yaitu Lebong Utara, Lebong Selatan, Lebong Tengah dan Rimbo Pengadang, karena kalau kita terjun langsung kelokasi mungkin masyarakat bisa memahami pentingnya kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan lagi," ujar Kepala BLH-KP Lebong melalui Kasubid Pengelolahn Sampah, Septa Mada Mantisha SIP kepada CE.

Dikatakannya, dengan adanya sosialisasi tersebut akan ada peningkatan peran serta masyarakat dalam mengelola sampah. "Untuk mengwujudkan Lebong bersih, saat ini kita menyiapkan sebanyak 3 dam truk, 2 amrol, 2 motor pengangkut sampah dan 200 unit tempat sampah dari pengadaan tahun 2016," bebernya. Menurutnya, selama ini pihaknya melakukan sosialisasi dengan hanya mengundang Kades dari setiap desa untuk melakukan sosialisasi.

"Tapi dengan hanya mengundang kades belum tentu kades setempat ingin meberi penjelasan kepad warganya, jadi kita mengusulkan agar di tahun 2018 bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat langsung," jelasnya. Disisi lain BLH-KP ingin masyarakat Kabupaten Lebong agar saling membantu karena tugas pokok BLH-KP mengangkut sampah dari penampungan sementara ke tempat proses ahir (TPA). Pihak BLHKP juga mengeluhkan sulitnya lahan untuk membangun tempat sampah di setiap desa di kerenakan tidak ada desa yang ingin meberikan sedikit tanah untuk membangun 1 tempat sampah.

"Kita sangat kesulitan lahan setiap kali ingin membangun tempat sampah sementara karena banyak warga di setiap desa enggan untuk memberikan sedikit lahannya untuk mebangun tempat sampah, padahal itu untuk kepentingan masyarakat itu sendiri," ujarnya. Pihak BLH-KP menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan kerjasama dalam kebersihan dan pembuangan sampah pada tempatnya. "Kita berharap ada peran serta masyarakat dalam menanggulangi sampah dan kesadaran masyarakat di setiap desa untuk mebuat peraturan tentang pengelolahan sampah dan lahan untuk pembangunan tempat pembuangan sampah, jika bersatu kita bisa membuat Kabupaten Lebong dengan lingkungan yang bersih dan sehat," tandas Septa. (CW2)

Sumber:

BLH-KP Ajak Masyarakat Bersih

Terkini

Terpopuler

Pilihan