Pupuk Aman, Perda Pengunaan Lahan Diajukan

Pupuk Aman, Perda Pengunaan Lahan Diajukan

pejabat

LEBONG, CE - Dinas Pertanian Lebong memperediksikan untuk persedian pupuk bagi petani padi di Kabupaten Lebong untuk tahun 2017 akan tercukupi. Dan pihak Dinas Pertanian juga telah mengajukan Perda pengunaan lahan karena lahan pertanian Kabupaten Lebong sudah banyak beralih fungsi.

"Untuk pupuk pada tahun 2017 nanti sudah aman, untuk hasil berapa jumlah pupuknya kita belum merekap, tapi kita jamin untuk pupuk petani lebong 2017 akan aman dan di tahun 2017 ini kita juga telah mengajukan untuk diakannya Perda penggunaan lahan," ujar H Gusrineidi SP Sekretaris Dinas Pertanian dan Pengelolahan Lahan Lebong. Dikatakan, karena sekarang ini banyak lahan persawahan petani seudah beralih fungsi menjadi perumahan dan perkantoran.

"Jika hal seperti berlajut terus kemungkinan pengurangan lahan akan meningkat derastis, sekarang saja lahan yang ada sekitar 9600 Hektar dengan perubahan alih fungsi lahan dalam 1 tahun 5-27 hektar," jelasnya. Diperkirakan sekitar 9600 Hektar lahan yang di miliki petani Kabupaten Lebong dengan peralihan fungsi 5-27 Hektar lahan per 1 tahun dan diduga dengan peralihan fngsi lahan yang dinilai cukup tinggi akan berdampak kepada para petani. "Kalau lahan persawahan sudah berkurang otomatis petani banyak yang menggurkan, jika ini dibiyarkan terus bukan hanya petani yang sulit nantinya kita juga akan sulit, bayangkan saja kita bisa menjadi penhasilo beras terbanyak kalau lahan sedikit otomatis hasil panen juga sedikit, untuk sekarang kita pihak Dinas Pertanian masih menujang untuk hasil petani meningkat dengan meberikan bibit-bibit unggul dan teknologi untuk penunjang para petani," terangnya. Untuk tahun 2017 Dinas Pertanian masih mengunakan perogram yang sama. "Yang jelas untuk perogram kita tahun 2017 kemungkinan masih mengunanakn program yang lama untuk para petani, penyediaan pupuk, bibit-bibit dan pengendalian hama itu semua kita lakukan untuk menujang para petani di Kabupaten Lebong, dan kita berharap dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian dapat meningkatkan hasil panen para petani," tandas Gusrineidi. (CW2)

Sumber: