Asyik, Rp 5 Miliar Dana Bosda Cair

Asyik, Rp 5 Miliar Dana Bosda Cair

dana-bosdakou7d

CURUP, CE - Kabar gembira bagi pihak sekolah. Ini karena beberapa hari kedepan dana yang diberikan pemerintah sebagai pengganti Iuran Pembangunan Pendidikan( IPP) untuk sekolah tingkat SLTA (Bosda) akan segera dicairkan. Nominalnya mencapai angka Rp 5 Miliar lebih. Plt Kadispendik Rejang Lebong T Samuji SPd manyampaikan bahwa pencairan dana bosda akan segera cair dalam pekan dapan. Dan saat ini pihaknya sedang menunggu laporan penggunanan dana Bosda pada bulan sebelumnya, unuk dicek dan diverifiasi, sebagai syarat utama dalam pencairan.

"Biasanya Hari ini laporan Lusanya sekolah sudah bisa pencairan," katanya. Selain itu pencairan itu sendiri memang disegerakan karena Dispendik sendiri harus tutup buku, karena sudah akhir tahun 2016, dan juga untuk dilaporkan ke infektorat."Inikan akhir tahun seluruh penggunanan dana harus dilaporkan," jelasnya.

Dalam pencairan kali ini dana bosda sendiri mencapai Rp 5 miliar lebih dan dana tersebut juag terhitung untuk tiga bulan, yakni Oktober, Nopember, dan Desember." Tiga bulan ini semuany akan dibayarkan agar sekolah bisa melengkapi kebutuhan sekolah - masing - masing," sampainya. Serta Samuji juga menyampaikan bahwa pihaknya juga telah melaksanakan kembali bimbiangan teknis pengunaan, hal tersebut dilakukan untuk mengiangatkan kembali pengunaan dana tersebut, sehingga kedepanya seluruh sekolah tidak terlibat kasus yang tidak di inginkan.

"Sejauh ini belum ada temuan, namun karena dari kita juga setiap sebelum pencairan selalu diberikan bimbiangan teknis," terangnya. Terkait hal tersebut kapala SMK S3 Idhata Sri Winarni SPd manyampaikan bahwa dengan adanya bantuan Bosda tersebut sekolahnya sangat terbantu, karena pihak sekolah tidak perlu lagi seperti dulu yang menghimbau agar siswa membayar IPP setiap bulaya karena uangnya diperlukan untuk membeli perlengkapan sarana sekolah. "Kalau dulu untuk membeli ATK siswa dihimbua trus menerus bayar IPP, dengan ini malah ATK bisa di beli dengan cadanganya," pungkasnya. (CE1)

Sumber: