Waspada Longsor

Waspada Longsor

LEBONG, CE - Pelapis tebing atau beronjong di sepanjang sungai sangat penting untuk dibangun, karena disepanjang sungai kalau tidak ada pembangunan sering terjadi longsor. Seperti halnya yang terjadi di Desa Nangai Tayau. Seperti halnya yang dikatakan oleh Toyiba warga Tayau, dirinya menyampaikan bahwa terjadi longsor satu titik didesanya, dipinggir sungai depan rumahnya.

"Longsor terjadi pada hari Selasa (21/02) sekitar pukul 08.00 pagi, akibat hujan besar hingga airnya naik atau banjir," ungkapnya.  Toyiba mengatakan bahwa kondisi longsor saat ini sangat membahayakan bagi warga dan sangat berbahaya bagi pengendara kendaraan. "Rumah warga disekitar longsor saat ini sangat membahayakan, karena sering terjadi banjir saat hujan deras mengakibatkan tanah longsor," sampainya.

Ditambahkan lagi oleh Joni warga Nangai Tayau, dirinya mengatakan bahwa longsor tersebut akan berlangsung, karena disekitar longsor tanah sudah goyang. "Ada kemungkinan terjadi longsor susulan di dekat lokasi yang terjadi longsor saat ini. Dan panjang longsor yang terjadi saat ini kurang lebih 3 meter dan tinggi sekitar 3,5," terangnya. Selain itu dirinya mengatakan bahwa longsor tersebut akan membahayakan rumah warga seperti kebakaran, karena dekat longsor ada tiang listrik dan juga longsor saat ini hampir mendekati tiang listrik.

"Kalau tiang listrik roboh akibat longsor, pasti ada kabel yang putus dan kabel bisa konsisten," ungkapnya. Dirinya mengatakan kalau tidak dilakukan perbaikan di lokasi kejadian longsor seperti melakukan pembangunan pelapis tebing atau membangun Beronjong permanen, longsor tersebut akan mengakibatkan jalan lintas yang di dekat longsor, ada kemungkinan akan putus dan juga membahayakan bagi masyarakat yang mengendarai mobil atau motor.

"Kalau hujan terus-menerus pasti longsor akan melebar dan sampai kejalan raya. Selain itu bagi pengendara yang tidak tau lokasi longsor pasti akan mengakibatkan korban masuk kedalam sungai," jelasnya. Harapan kami semoga kepala desa setempat ada program pembangunan untuk mengatasi permasalahan seperti longsor. Dan juga kepada dinas terkait minta tolong ada yang melihat kondisi longsor agar ada pembangunan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diharapkan.(CW8)

Sumber:

Waspada Longsor

Terkini

Terpopuler

Pilihan