Gabungan Wartawan Galang Dana (Lagi)

Gabungan Wartawan Galang Dana (Lagi)

Untuk Bayi Gilang

KEPAHIANG, CE - Melihat kondisi kesehatan yang dialami Gilang bayi berumur 3 bulan warga Dusun 1 Desa Lubuk Penyamun Kecamatan Merigi yang menderita sakit gatal di bagian kepala, kuping, muka, selangkangan serta sekitar alat kelamin. Kondisi luka akibat gatal yang meradang disebagian tubuh Gilang sangat butuh perawatan medis namun keluarga Gilang terkendala dana.

Bahkan ibu Gilang tidak memiliki uang untuk membawa anaknya ke dokter atau pun Puskesmas. "Saya tidak ada uang untuk berobat,makannya saya berobat keduluan kampung kebetulan masih sanak didesa Durian Depun (Bakmoi)," kata Sinta (19) ibu bayi Gilang. Namun, yang menjadi fatal, Sinta belum memiliki KTP, KK, akte kelahiran lantaran terbatasnya biaya. Kemudian Sinta memang belum mengurus kepada Kades atau perangkat.

"KTP, KK, Akte Kelahiran kami belum ada. Saya belum mengurus karena bapaknya sudah meninggalkan kami (minggat, red)," ujar Sinta. Saat ditelusuri koran CE ternyata Sinta saat ini tinggal bersama keluarganya. Sementara status data Sinta masih masuk pada data KK orang tuannya. "Perlu diketahui Sinta ini memang warga desa Lubuk Penyamun tapi dia belum mengurus KK, KTP atau administrasi lainnya,padahal kami sudah berulang - ulang melakukan sosialisasi, karena data yang tertera di KK atau KTP sangat penting untuk mengurus keperluan lainnya," terang Kades Heriyadi.

Sebagai contoh saja, menurut Heriyadi NIK merupakan pedoman dan salah satu syarat untuk mengurus administrasi lainya. "Bagaimana mau memperoleh BPJS atau KIS, Sinta saat ini belum mengurus data untuk KK, KTP maupun akte kelahiran padahal itu syarat yang harus diperoleh untuk mengurus administrasi lainnya. Kalau kami sudah berulang kali mengimbau ke warga," imbuh Kades pada Selasa (28/2) kemarin.

Agar beban Sinta terasa ringan,hari ini gabungan Wartawan Kepahiang akan mengalang dana untuk membantu biaya pengobatan, sembari pengurusan administrasi Sinta dilakukan dari pihak desa hingga kecamatan. (CE3)

Sumber:

Gabungan Wartawan Galang Dana (Lagi)

Terkini

Terpopuler

Pilihan