Budayakan Kebersihan SMK Bisa

Budayakan Kebersihan SMK Bisa

SMKN 1 Ujan Mas

UJAN MAS, CE - Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan prestasi sekolah di SMKN 1 Ujan Mas, maka  harus melibatkan semua pihak yang ada di sekolah tidak terkecuali organisasi OSIS. Disekolah yang berada di Desa Pekalongan ini menerapkan budaya sekolah bersih bebas dari sampah bahkan melibatkan ketua OSIS dan memasukan budaya bersih tersebut dalam Visi dan Misi organisasi tersebut.

Dikatakan oleh Waka Kesiswaan SMKN 1, Wenny Herawati SPd bahwa walaupun di SMK ini lebih banyak laki-laki namun bukan berarti kebersiahan sekolah tidak di perhatikan, bahkan pihaknya sudah bekerja sama dengan pembina OSIS ,dan semua jajaran organisasi yang ada di sekolah untuk secara bergilir, melakukan kebersihan lingkungan sekolah dengan cara membuat jadwal kebersihan.

"Walaupun SMK lebih identik dengan laki-laki dan susah di atur, namun tidak halnya dengan siswa asuh saya di SMK 1 Pekalongan ini, siswa di sini sangat memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah,sebagai contoh selain piket setiap hari siswa disini juga di beri arahan lansung oleh pembina osis untuk melakukan kebersihan lingkungan sekolah," ujarnya.  Menurutnya untuk mewujudkan sekolah bersih itu tidak semudah yang di bayangkan, selain pihaknya harus bekerja sama dengan pihak guru, siswanyapun kebnyakan laki-laki jadi pihaknya harus ekstra bersabar dalam mengarahkan siswa asuhnya tersebut.

"Sebelumnya kami sangat kesusahan dalam mengarahkan siswa untuk menerapkan kebersiahan di lingkungan sekolah, karena yang sekolah di sini kebanyakan lelaki, jadi kami pihak guru harus bekerja ekstra dalam membina siswa dengan cara, memberikan jadwal piket kelas, kemudian kami melibatkan anggota OSIS dari kelas X sampai kelas XII untuk melakukan kebersihan secara rutin guna untuk memberikan contoh kepada siswa-siswi yang lain," jelasnya.

Pihaknya berharap agar siswa-siswi di SMK 1 Pekalongan ini dapat mempertahankan dan meningkatkan kerjasamanya dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. dan dapat menjadi contoh positif bagi sekolah-sekolah kejuruan yang lain. Karena walaupun sekolah kejuruan, namun dalam hal kebersihan pihaknya tidak boleh kalah dengan sekolah-sekolah umum lainnya.

"Saya berharap untuk kedepannya nanti, siswa-siswi di sekolah ini dapaat mempertahankan dan meningkatkan kerja samanya untuk menjaga kebersihan lingkungan yang sangat kita cintai ini, tidak hanya siswa pihak gurunyapun harus ekstra dalam mengarahkan anak didik untuk selalu menjaga kebersihan," tandasnya.(AE2)

Sumber:

Budayakan Kebersihan SMK Bisa

Terkini

Terpopuler

Pilihan