11 Puskesmas Ikut Andil

11 Puskesmas Ikut Andil

Operasi Katarak Gratis

CURUP, CE - Hingga hari Senin (6/3) kemarin, sebanyak 11 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Rejang Lebong sudah memberikan laporan. Ini terkait partisipasi pendafran peserta operasi katarak gratis yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Mei mendatang.

Dikatakan Kepala Dinkes Rejang Lebong, H Asli Samin SKep MKes melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Asri SKM bahwa masih ada 10 Puskesmas lagi yang belum menyerahkan laporannya. "Hingga hari ini baru 11 Puskesmas yang lapor," sampainya.

Dari data yang sudah mereka terima sementara tersebut, Asri mengatakan Puskesmas Tanjung Agung mengimput peserta terbanyak, Yaitu sebanyak 23 peserta. Sedangkan untuk yang paling sedikit yaitu Puskesmas Kampung Melayu dan Puskesmas Sumber Urip. Kedua puskesmas tersebut masing-masing hanya mengimput sebanyak 1 peserta. "Untuk jumlah keseluruhan, saat ini sudah ada 91 peserta dari 11 Puskesmas yang sudah menyerahkan datanya," terangnya.

Asri juga menjelaskan bahwa memang prosedur pendaftaran memang wajib mealui Puskesmas terdekat. karena pihak dokter akan memperifikasi dahulu apakah yang bersangkutan benar katarak atau tidak.  "Baik yang ditingkat desa maupun kecamatan itu wajib lapor ke Puskesmas terdekat untuk diperikasa. Karena untuk tahap pemeriksaan awal, itu hanya bisa dilakukan oleh dokter yang ada di Puskesmas," jelasnya.

Asri juga menambahkan bahwa nanti juga akan ada pemeriksaan tahap kedua. Pemeriksaan yang kedua itulah yang nanti menentukan apakah peserta dapat mengikuti operasi atau tidak. Karena jika katarak tersebut belum matang, maka belum dapat dioperasi. "Yang melakukan pemeriksaan tahap kedua ini adalaha dokter-dokter yang berasal dari PERDAMI," tandasnya. (CE2)

Sumber:

11 Puskesmas Ikut Andil

Terkini

Terpopuler

Pilihan