Distan Kembangkan Kopi Stek

Distan Kembangkan Kopi Stek

KEPAHIANG, CE - Untuk meningkatkan produktivitas kopi di Kabupaten Kepahiang, Dinas Pertanian (Distan) mengupayakan pengembangan kopi stek. Program ini merupakan bentuk program untuk mendongrak hasil kopi Kepahiang yang merupakan salah satu kabupaten penghasil kopi terbaik di Provinsi Bengkulu. "Sebenarnya kopi asal kabupaten Kepahiang sudah terkenal sejak dulu. Bahkan dari zaman Hindia Belanda," sampai Plt Kadis Pertanian Hernawan SKp pada Rabu (8/3) kemarin.

Ia mengatakan bahwa budidaya kopi di Kepahiang ini bisa berkembang dengan pesat dengan teknik modern. "Karena potensi kopi Kepahiang ini sangat perlu menjadi perhatian kita untuk meningkatkan lagi produksi, dengan sistem yang tepat yakni sistem sambung atau stek," kata Hernawan. Lebih jauh lagi Hernawan mengatakan kalau program peningkatan produksi kopi Kepahiang di Tahun 2017. Disebut sejalan dengan program pemerintah di daerah ini yang mengunggulkan komoditas kopi. Jenis kopi yang akan dikembangkan yakni Robusta lokal.

"Tujuan dari program ini untuk meningkatkan produksi kopi merupakan bentuk dukungan pada pemerintah daerah. Kita pilih jenis kopi Robusta lokal untuk dikembangkan, kualitasnya sudah jelas," terang Hernawan. Bahkan, menurut Hernawan untuk peningkatan produksi kopi dengan sumber dana dari APBN ini, optimis akan berhasil karena luas pekebunan kopi di Kepahiang yang melebihi dari 20 ribu hektar.  "Kita lihat dari luas lahan saja, kita mesti optimis bisa meningkatkan produksi kopi. Tidak hanya dari kuantitas saja, melainkan juga kualitas," demikian Hernawan. (CE3)

Sumber:

Distan Kembangkan Kopi Stek

Terkini

Terpopuler

Pilihan