Persiapan UNBK SMPN 1 Sudah 98%

Persiapan UNBK SMPN 1 Sudah 98%

CURUP, CE - Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejumlah sekolah tengah beberes untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian tersebut. Tak hanya mempersiapkan infrastruktur ujian, persiapan mental para peserta ujian juga perlu disiapkan.

Dikatakan Kepala SMPN 1 Rejang Lebong, Umar Iman Santoso bahwa memotivasi siswa rutin dilakukan pihaknya guna menyiapkan mental siswa dalam menghadapi UNBK. "Yang jelas, kita rutin memberikan motivasi siswa setiap ada pertemuan," ujarnya. Disampaikannya juga pada saat ini persiapan UNBK di sekolahnya sudah mencapai 98 persen. Mulai dari menyiapkan berbagai macam sarana untuk mendukung ujian tersebut serta beberapa simulasi telah mereka lakukan. Tinggal hanya pada tingkat belajar siswa dirumah dan fit tubuh yang sehat. "Alhamdulillah untuk persiapan sudah mencapai 89 persen, tinggal hanya pada pelaksanaannya nanti," sampainya.

Ditambahkannya untuk UNBK sendiri, pihaknya akan menggelar simulasi yang terakhir dalam artian sebagai simulasi gladi bersih. Menurutnya dalam gladi bersih ini tentunya akan melihat sejauh mana bayangan proses ujian mendatang. "Pada tanggal 20 mendatang, kita akan adakan simulasi terakhir sebagai tolak ukur yang sebenarnya UNBK tersebut," katanya.

Di sisi lain Umar menyampaikan pada Sabtu 18 Maret mendatang akan dilakukan singkronisasi server untuk mendukung ujian tersebut. "Sabtu nanti, ada penyingkronan baik jaringan maupun yang lainnya," lanjutnya. UNBK sendiri memiliki 3 sesi. Pertama sifatnya online dowload soal, berita acara, pengambilan token untuk masuk mengisi formulir. Kemudian pada saat pengerjaan soal akan berada pada jaringan offline. Kemudian akan kembali pada online lagi untuk mengupload jawaban ke server.

Sementara itu dirinya berharap pada pelaksanaan nanti tidak menimbulkan masalah apapun seperti padamnya aliran listrik. "Kita sebagai pihak sekolah terus berupaya demi suksesnya ujian ini. Jika UNBK sukses maka Sekolahpun ikut sukses," tandasnya. (CW7)

Sumber:

Persiapan UNBK SMPN 1 Sudah 98%

Terkini

Terpopuler

Pilihan