Ada Mortir Aktif Dekat Kantor Bupati

Ada Mortir Aktif Dekat Kantor Bupati

CURUP, CE - Warga di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah digegerkan dengan penemuan sebuah mortir aktif. Mortir dengan kondisi lusuh dan berkarat ini ditemukan pada sebuah pot bunga. Mirisnya lagi, penemuan mortir yang diduga jenis commander 80 ini sangat dengan kantor Bupati, persisnya didepan Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Rejang Lebong.

Data diperoleh CE, penemu mortir aktif ini yakni Endang Sudirman (57) warga RT 01 Rw 02 Kelurahan Talang Rimbo Lama sekitar pukul 07.00 Wib pada Kamis (16/3) kemarin. Waktu itu dirinya hendak mencari rumput untuk makanan kelinci miliknya seperti rutinitas sehari-hari yang dilakukannya. "Memang kebiasaan saya setiap pagi mencari rumput untuk makan kelinci. Begitu saat saya mencari rumput didalam sebuah pot bunga, namun yang saya temukan sebuah benda aneh seperti bom. Sempat saya pegang dan bersihkan dan rencana saya untuk menjadikan hiasan dirumah. Namun lama kelamaan saya merasa aneh. Sontak saya suruh Satpam untuk melapor kepada Polisi, selanjutnya Polisi terjun langsung kelokasi ditemukannya mortir tersebut," ujar Endang sembari kaget.

Menurutnya, agak sedikit aneh dalam penemuan mortir tersebut. Dirinya beranggapan bahwa apakah mortir unsur kesengajaan atau bukan. Karena menurutnya, pada Rabu (15/3) lalu dirinya tidak menemukan apa-apa dalam pot bunga tersebut.  "Saya kira ini agak aneh, karena sebelumnya saya juga mencari makanan kelinci didalam pot tersebut. Apa mungkin ini disengaja," jelasnya.

Terpisah Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK melalui Kabag OPS Kompol Firdaus FN pihaknya membenarkan bahwa ada sebuah mortir yang diduga masih aktif ditemukan di sebuah pot bunga. Dirinya pun menyampaikan bahwa Kapolres Rejang Lebong telah menghubungi Jibom Bengkulu untuk membantu mengamankan penemuan tersebut.

"Saat mendengar laporan masyarakat kita langsung go ke lokasi, tinggal hanya saat ini kita masih menunggu jibom dari Bengkulu," sampainya. Ditambahkan lagi oleh Waka Subden 1 A Pelopor Curup, Iptu Ulir bahwa untuk saat ini diduga mortir tersebut masih aktif. Namun untuk jenis mortir belum diketahui secara persis apa jenisnya.

"Prakiraan saat ini mortir tersebut masih aktif. Yang jelas mortir dari luar kita, namun untuk pastinya kita masih menunggu dari Bengkulu untuk terjun kelokasi," katanya. Sementara sekitar pukul 14.20 WIB, tim penjinak bom Provinsi Bengkulu meninjau lokasi penemuan mortir jenis commander 80 tersebut. Kemudian tim mengamankan mortir tersebut dan membawa mortir ke lokasi peledakan di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah yang dekat juga dengan SMAN 5 Rejang Lebong, tepatnya di perkebunan warga.

Sekira pukul 15.46 WIB mortir tersebut berhasil diledakkan oleh tim penjinak bom Provinsi Bengkulu dengan aman.  Terpisah Kabag Humas Setdakab Rejang Lebong, Dodi Sahnadi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler malam tadi menyampaikan pihaknya sudah mengetahui adanya penemuan mortir aktif didekat kantor Bupati tersebut. Hanya saja pihaknya tidak meminta pihak kemanan untuk menyisir daerah lainnya disekitar kantor Bupati, mengenai indikasi adanya mortir aktif lainnya. "Infonya sudah kami ketahui, hanya saja kalau memang ada mortir lainnya seharusnya pihak keamanan berinisiatif melakukan penyisiran, siapa tahu masih ada yang lain. Kalau kami selaku Pemkab belum meminta dilakukan penyisiran tersebut," katanya.(CW7)

Sumber: