BOS Cair, Dikbud Gelar Bimtek

BOS Cair, Dikbud Gelar Bimtek

CURUP, CE - Jika tak ada aral yang melintang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong hari ini akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk pengunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hal ini karena telah masuk bulan triwulan pertama pencairan dari BOS dari pusat,  "Kita akan lakukan Bimtek untuk tingkat SMP prihal penggunaan bos triwulan pertama," terang Kadis Dikbud Nahdiyatul Hukmi MPd melalui Kabid SMP Hanapi SPd MM.

Dikatakan Hanapi, Bimtek tersebut akan dilakukan di SMPN 10 Rejang Lebong. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh kepala sekolah, bendahara dan juga operator sekolah yang ada se Kabupeten Rejang Lebong.  Menurut Hanapi ketiga elemen tersebut diikut sertakan karena mereka yang terlibat langsung dalam proses pencairan dan juga proses penggunaan dana BOS. "Karena mereka yang berperan maka ketiganya kita ikut sertakan dalam Bimtek nanti," terangnya.

Bimtek ini sendiri lanjut Hanapi dilakukan agar tidak adanya kesalahan dalam proses pencairan dan juga proses pengunaan dan pelaporan. Terlebih lagi ini tri wulan pertama.  Dalam bimtek tersebut perserta kembali diajarkan untuk pembuatan laporan dari pengunanan dana BOS. "Bimtek ini bertujuan semua sekolah harus melakukan proses sesuai dengan julak dan juknis dari yang telah ada," sampainya.

Pihak sekolah sudah pasti mengetahui aturan dari dari juklak, juknis. Namun hal ini lebih pada untuk mengingtakan jangan sampai ada kesalahan. Sebab ini sangat sensitif karena berhubungan dengan uang, dan ditambah mungkin ada sekolah yang telah mengganti bendahara dan operator sekolah. "Hal ini juga menjadi dasar kegiatan Bimtek dilakukan," terangnya.

Hanapi mengharapkan, agar seluruh peserta yang diundang dapat hadir dalam Bimtek tersebut dan memahami materi yang dipaparkan. Sehingga ke depannya tidak ada temuan di sekolah. "Harapan saya. (CE1)

Sumber: