BKM Mulia Dikeluhkan Warga

BKM Mulia Dikeluhkan Warga

CURUP, CE - Bak Kotoran Manusia (BKM) Mulia yang ada di RT 03 RW 04 Kelurahan Talang Benih dikeluhkan warga. Keluhan muncul dari warga yang tinggal di sekitar BKM Mulia tersebut.  Salah seorang warga RT 03 RW 04 Irma (35) yang rumahnya dekat BKM tersebut hingga dua kali mengirimi surat kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Rejang Lebong dan Bahkan Surat Kabar Harian (SKH) Curup Ekspress terkait hal tersebut. Terakhir dari surat yang disampaikan oleh Irma, masih dalam hal yang sama pihaknya mengeluhkan bau busuk yang sering kali timbul dari arah BKM Mulia tersebut.

Dikonfirmasi CE di kediamannya Kamis (23/03) kemarin, Irma mengatakan bahwa pengiriman surat tersebut karena dirinya bersama beberapa warga setempat cukup terganggu dengan bau busuk yang sering kali ditimbulkan. Diakuinya bau tersebut memang tidak terus-menerus timbul, akan tetapi ada dalam waktu waktu tertentu, terutama di pagi dan malam hari.

"Kami disini sangat terganggu dengan bau busuk yang seringkali ditimbulkan oleh bak ini (BKM Mulia, red). Maka dari itu saya mengirimi surat ke beberpa pihak tersebut," sampainya. Diakui oleh Irma pengiriman surat tersebut bukan bertujuan untuk memprotes bangunan BKM Mulia tersebut. Menurutnya dirinya sama sekali tidak ada masalah BKM tersebut dibangun tepat disamping rumahnya. Akan tetapi bau busuk yang sering kali timbul itulah yang diharapkannya dapat segera ditangani. "Jujur saja kalau masalah bangunannya kami tidak masalah. Akan tetapi bau busuknya itu yang sangat mengganggu kami," terangnya.

Terpisah, Yesi (32) warga lainnya juga tidak menampik adanya bau busuk tersebut. Menurut Yesi bau busuk tersebut bisanya paling sering tercium terutama pada sore menjelang malam hari. "Memang terkadang bau si, seperti bau kentut. Biasanya paling sering itu tercium pada sore menjelang malam hari," katanya. Kemudian Yuli (28) warga lainnya mengakui bahwa bau busuk tersebut memang sesekali tercium. Namun apabila hujan tiba, diakui oleh Yesi saat itulah biasanya bau tersebut benar-benar tercium.  "Setahu saya bila hujan, itu baunya pasti menyengat sekali," ujarnya.

Sanimas IDB Janji Segera Tangani

Pada hari yang sama, kemarin Kordinator Sanimas IDB Kabupaten, Husni ST bersama rombongan juga melakukan pemeriksaan terkait keluhan masyarakat terkait bau busuk yang ditimbulkan BKM Mulia tersebut. Dikatakan Husni pemantauan tersebut dilakukan dalam rangka menanggapi surat yang dikirimi oleh Irma kepada pihaknya.  "Kemarin kami sudah terima surat dari Irma salah satu warga Rt 03 ini. Untuk itu hari ini kami kesini (BKM Mulia, red) untuk meninjau langsung kebenarannya," sampainya.

Dari pantauan tersebut, Husni mengatakan, penyebab dari bau busuk yang ditimbulkan tersebut adalah akibat pipa saluran filtrasi yang masih terbuka. Jadi sewaktu-waktu terbawa oleh tiupan angin dan menyebabkan bau busuk itu kemana-mana. "Jika kami lihat, bau busuk ini ditimbulkan dari pipa saluran filtrasi yang masih terbuka itu," ujarnya. Jadi menurut Husni, solusi dari bau busuk tersebut adalah dengan menyambung pipa filtrasi tersebut dan diarahkan ke dalam air sungai agar kedap udara. Sehingga jika lubang dari pipa tersebut sudah kedap udara maka mudah-mudahan bau busuk tersebut tidak akan timbul lagi. "Solusinya nanti kita akan pasang pipa liter L dan nanti diarahkan kedalam air. Sehingga membuat pipa saluran filtrasi tersebut kedap udara, dengan begitu tentu mudah-mudahan bau tersebut tidak akan timbul kembali," tandasnya. (CE2)

Sumber:

BKM Mulia Dikeluhkan Warga

Terkini

Terpopuler

Pilihan