Gunakan 277 Komputer, UNBK 8 SMK Dijaga Ketat

Gunakan 277 Komputer, UNBK 8 SMK Dijaga Ketat

CURUP, CE - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebanyak 8 SMK di Rejang Lebong digelar pada Senin (3/4) kemarin. Dalam pelaksanaan UNBK tersebut proses pengawasannya diperketat, untuk menghindari terganggunya siswa dalam mengikuti ujian tersebut. Disisi lain dalam pelaksanaan UNBK di 8 SMK tersebut, menggunakan sebanyak 277 unit komputer yang terdiri dari PC dan Laptop.

"Yang jelas ujian kali ini berlangsung ketat, tidak mengizinkan masuk kecuali pengawas dan proktor yang bertugas," ujar Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman. Disampaikan, pada pelaksanaan UNBK pertama di sekolahnya berhasil dilalui dengan baik terlihat dari kesiapan siswa dalam mengikuti ujian tersebut. Kareana siswa di sekolah yang ia kepalai khususnya sudah 2 kali mengikuti simulasi tersebut sebelumnya.

"Karena simulasi sudah 2 kali di lakukan, maka untuk UNBK pertama ini sukses dilalui oleh siswa," sampainya. Ditambahkan oleh Kepala Dikbud Rejang Lebong, H Nahdiyatul Hukmi MPd melalui Sekretaris Dikbud Noprizal SPd MM bahwa pihaknya sangat menyambut baik gelaran UNBK tersebut. Menurutnya, disatu sisi ini adalah sebuah progres, dan pada dasarnya ini merupakan keinginan pemerintah agar sistem ujian yang ada saat ini lebih bagus. Kemudian dengan kehadiran UNBK tentunya tingkat kebersihan ujian itu lebih tinggi dan tidak mungkin siswa bekerjasama dengan yang siswa lainnya. Mau tidak mau berarti memacu komponen untuk menyiapkan diri terhadap pembelajaran IT.

"Tentunya kita sangat menyambut baik UNBK ini karena pada dasarnya ini sudah menjadi keinginan besar pemerintah," katanya. Namun kedepannya dirinya berharap baik itu untuk UNBK maupun kegiatan E-Learning nantinya bisa dipakai komputernya dalam artian baik sarana dan prasarana dilengkapi agar tidak lagi terjadinya masalah masalah pada pelaksanaan UNBK. "Intinya untuk kedepan sarpras harus lengkap agar tidak ada masalah," tandasnya. (CE5)

Daftar Jumlah Komputer Masing-masing SMK di Rejang Lebong

1. SMKN I Rejang Lebong Komputer digunakan 50 komputer untuk 3 sesi total 179 peserta 2. SMKN II Rejang Lebong Komputer digunakan 60 komputer untuk 3 sesi total 181 peserta. 3. SMKN III Rejang Lebong Komputer digunakan 17 komputer untuk 3 sesi total 51 peserta 4. SMKN IV Rejang Lebong Komputer digunakan 32 komputer untuk 3 sesi total 97 peserta 5. SMKN V Rejang Lebong Komputer digunakan 12 komputer 6. SMKN VI Rejang Lebong Komputer digunakan 26 komputer untuk 3 sesi total 78 peserta 7. SMKN VII Rejang Lebong Komputer digunakan 39 komputer untuk 3 sesi total 119 peserta 8. SMKS 5 Pembina Komputer digunakan 41 komputer untuk 3 sesi total 123 peserta

Sumber: Posko UNBK SMKN Kabupaten Rejang Lebong

Sumber: