Bersepeda Keliling Indonesia

Bersepeda Keliling Indonesia

Demi Hutan

LEBONG, CE - Apa yang dilakukan oleh Raden Andik Jaya Prawira dengan usianya 73 tahun ini, mungkin dianggap tidak masuk akal. Pasalnya hanya demi mengkampanyekan Kelestarian Hutan dan Lingkungan ia nekat naik sepeda kelilingi Indonesia.  ''Provinsi Bengkulu ini adalah yang ke 30 yang saya kunjungi, kabupaten Lebong ini yang 386, saya senang berada disini Karena Mengingatkan saya pada kampung halaman saya Banten. Hutannya, udaranya hampir sama dengan kampung halaman saya,'' kata pria asal Banten ini.

Menurutnya misi sosialnya ini ia jalani sejak start dibanten pada 16 September 2014 lalu. Bahkan ia tidak sekedar berkeliling dengan sepeda gunung tuanya saja. Namun juga memberi motivasi dan semangat untuk tetap menjaga hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia.  ''Hutan adalah paru-paru dunia, yang harus dijaga dan dilestarikan, kita boleh saja memeanfaatkan hutan semaksimal mungkin tapi jangan lupa untuk melestarikannya. karena Hutan adalah hal penting bagi kita,''ungkap kakek yang juga merupakan pensiunan polisi kehutanan ini.

kakek 73 tahun ini mengaku setiap harinya bersepeda dari pukul 7.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib setiap harinya dengan menempuh jarak 75 - 125 kilometer per harinya. Selain itu kang Andik juga juga punya misi untuk mengunjungi para alumni SKMA dan Rimbawan Indonesia di seluruh rute yang dilintasinya.

''Setiap harinya saya bersepeda dari mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, jaraknya 75 - 125 kilometer per harinya. dan saya juga mengunjungi SKMA dan rimbawan yang ada di setiap provinsinya,'' ujar kang Andik yang ketika tiba dilebong kemarin bersama SKMA Bengkulu.

Disetiap Kabupaten yang dilewatinya, kang andik akan menemui Bupati, walikota atau pimpinan daerah yang saat itu menjabat di Kabupaten Atau kota, karena dia juga akan menulis buku dan memasukkan setiap kabupaten atau kota yang dilewatinya selama berkeliling indonesia. dan kang Andik akan melanjutkan perjalannya melalui linggau, dan terus ke provinsi jambi, perkiraannya dia akan kembali lagi berada di banten pada bulan mei 2017 mendatang.

"Saya juga bersilahturahmi dengan kepala daerah Bupati atau Walikota, Polri, TNI dan DPRD di setiapa kabupaten kota daerah yang saya lewati, untuk menyamakan persepsi bersama-sama melindungi dan melestarikan hutan Indonesia, saya sanagat senang berada di sini sambutan Kepala daerahnya, masyarakatnya pun ramah. dana yang lebih menariknya saya bisa melihat bunga Raflesia secara langsung di bumi raflesia ini" pungkasnya. (CE4)

Sumber:

Bersepeda Keliling Indonesia

Terkini

Terpopuler

Pilihan