Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas

Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas

Dari Upacara Harkitnas dan Hardiknas


CURUP, CE - Berlokasi di lapangan kantor Bupati Rejang Lebong, pada Sabtu (20/5) kemarin telah diselenggarakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dalam upacara tersebut, Bupati Rejang Lebong, Dr (Hc) H Ahmad Hijazi SH MSi selaku Irup dalam upacara tersebut menyampaikan beberpa point mengenai pidato dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dimana dalam pidato tersebut berpesan untuk mempercepat pendidikan yang merata dan berkualitas.

"Mari bersama-sama kita ciptakan pendidikan yang merata dan juga berkualitas, bukan hanya dari pemerintah tapi semua unsur pendidikan yang ada," sampainya. Dirinya mengajak untuk bersama-sama menwujudkan pendidikan yang memiliki karakter yang kuat dan juga berdaya saing tinggi. Tentunya hal tersebut ditujukan agar dapat menghadapi berbagai persaingan yang semakin kuat dimasa mendatang.

"Pendidikan karakter tentunya tidak kalah penting untuk ditanamkan disetiap insan muda terutama dikalangan para pelajar," ujarnya. Disampaikannya juga bahwa para pelajar tentunya harus mampu memanfaatkan sarana-sarana belajar yang ada dikleas dengan sebaik mungkin. Tentunya juga harus diimbangi dengan pembelajaran yang ada diluar sekolah dalam artian pembelajaran yang ada di masyarakat.

"Bukan hanya pembelajaran yang ada disekolah saja yang mesti dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, tetapi diharapakan juga mengimbangi dengan pembelajaran diluar sekolah juga," katanya. "Hal tersebut dimaksudkan agar pembelajaran todak menjadi terkotak-kotak dan sempit melainkan menjadi lebih terbuka dan luwes," tambahnya.

Lebih jauh dirinya menyampaikan bahwa perlu ada reformasi dalam pendidikan baik itu waktu belajar, pengorganisasian kegiatan belajar maupun peran guru sendiri sebagai tenaga pendidik. Bukan hanya itu Kepala Sekolah sebagai pemimpin manajemen organisasi dan juga komite sekolah selaku pengawas juga harus melakukan reformasi.

"Reformasi yang dimaksud adalah perubahan untuk menuju pendidkan yang lebih baik. Salah satunya telah dituangkan oleh pemerintah melalui gerakan penguatan pendidikan karakter dan juga gerakan literasi nasional," pungkasnya. (CE2)

Sumber: