E-KTP Masih Belum Dicetak

E-KTP Masih Belum Dicetak

CURUP, CE - Sudah hampir dua bulan sejak belangko E-KTP diterima oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Rejang Lebong pada bulan April lalu, hingga saat ini pencetakan E-KTP masih juga belum berlangsung.  Diungkapkan Kadis Dukcapil, H. Bakhrim SH melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti bahwa saat ini mereka masih dalam proses verifikasi E-KTP yang berstatus Print Ready Record (PRR). "KTP nya sudah siap cetak, hanya saja saat ini kami masih melakukan verifikasi belangko pengajuan E-KTP yang statusnya sudah PRR," sampainya.

Dikatakan Susan (panggilan akrab Mei Susanti) bahwa terkendalanya pencetakan E-KTP tersebut awalnya memang adalah akibat server dan jaringan yang mengalami gangguan. Namun pihaknya berjanji pencetaklan E-KTP akan segera dilakukan usai perifikasi belangko yang sudah PRR tersebut selesai dilaksnakan. "Bukan maksud kami untuk menghambat pencetakan E-KTP ini, namun memang saat ini masih dalam proses," katanya.

Lebih jauh Susan mengatakan saat ini ada sebanyak 14 ribu belangko E-KTP yang harus mereka perifikasi dari 5.844 E-KTP yang berstatus PRR. Menurutnya untuk memperifikasi belangko dengan jumlah yang sangat banyak tersebut tentulah juga harus memakan waktu ynag cukup panjang.

"Dari 14 ribu pengajuan belangko E-KTP yang sudah masuk, itu kami perifikasi sejak yang paling awal masuk hinga terakhir dan diperiksa satu persatu apakah statusnya PRR atau tidak," ujarnya. Untuk mempercepat proses tersebut, Menurut Santi pihaknya berencana untuk mengadakan kerja lembur. Namun hal tersebut masih belum disepakati dan masih akan didiskusikan terlebih dahulu.

Bukan hanya sebatas itu saja, namun diakuinya salahs atu alat aktifasi KTP yang mereka miliki saat ini juga sedang mengalami keruskan. Belum lagi kerusakan AC yang menyebabkan ruang pengimput data mudah panas termasuk juga dengan server didalamnya. Diungkapkannya hal tersbeut juga merupakan sebuah kendala yang mereka hadapi saat ini.

"Seperti peralatan server pengimput data ini sebenarnya akan cepat rusak apabila kondisinya panas. Memang diruangan tersebut ada AC namun saat ini AC tersebut sudah rusak dan perlu diperbaiki," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

E-KTP Masih Belum Dicetak

Terkini

Terpopuler

Pilihan