Tingkatkan Pelayanan, Akademik STAIN Curup Launching L-SATU

Tingkatkan Pelayanan, Akademik STAIN Curup Launching L-SATU

CURUP UTARA, CE - Sebagai langkah dalam melakukan penataan, penguatan, dan pengembangan sistem keadministrasian dan sumber daya manusia (SDM). Pihak Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup resmi melaunching layanan sistem administrasi terpadu (L-SATU). Menariknya, peresmian ini langsung dipimpin oleh Sekretaris Jendral Kementerian Agama (Kemenag) RI yakni Prof H Dr Nur Syam MSi yang didampingi Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Bustasar MS.

Ketua STAIN Curup, Dr Rahmad Hidayat MAg MPd dalam sambutannya mengatakan bahwa peresmian layanan akademik satu pintu sendiri merupakan salah satu bentuk penguatan kelembagaan yang ada di STAIN Curup dengan berbasis Informasi dan Teknologi (IT). Menurutnya, dengan ada sistem layanan akademik berbasis IT sendiri untuk meminimalisir penggunaan kertas.

"Sebagai upaya untuk menafsirkan arahan dari Menteri Agama, instruksi dan arahan Bapak Sekjend serta instruksi Dirjen Pendidikan Islam maka kita mencoba memaknai itu dengan berbagai macam penguatan. Salah satunya dengan adanya launching penataan administrasi L-SATU di kampus STAIN Curup," ujarnya.

Disampaikannya bahwa penguatan kelembagaan tidak hanya terfokus terhadap sistem keadministrasian namun ada beberapa hal penguatan penguatan kelembagaan lain yakni penguatan akademik dan pengembangan kelembagaan yang mana saat ini kampus STAIN Curup telah memiliki 3 jurusan baik Jurusan Tarbiyah, Syariah dan Dakwah dengan 20 program studi yang ada di kampus STAIN Curup. Kedua, penguatan pada sektor sarana dan prasarana, ketiga pengembangan kerjasama dengan beberapa instansi dan pihak terkait.

"Harapan kedepan, perkembangan kampus STAIN Curup bisa berkembang pesat dan besar harapan ini menyongsong alih bentuk STAIN menjadi IAIN," sampainya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenag RI, Prof H Dr Nur Syam MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa peresmian L-SATU merupakan salah satu bentuk komitmen STAIN Curup dalam sistem layanan akademik terpadu satu pintu berbasis IT. Tidak hanya itu, pelayanan akademik berbasis internet dalam upaya memenuhi generasi milenial.

"Saya sangat mengapresiasi atas gebrakan yang dilakukan oleh pihak STAIN Curup dalam mendukung pengembangan pendidikan yang ada. Salah satu yang patut diapresiasinya adalah komitmen STAIN Curup dalam meningkatkan pelayanan akademik berbasis IT dan sebagai wujud nyatanya, hari ini (kemarin, red) L-SATU resmi dilaunching," katanya.

Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten RL, H RA Denni SH MM mewakili Bupati RL kemarin ikut mendukung kualitas pendidikan yang ada di STAIN Curup. Sesuai dengan salah satu visi Pemkab RL dalam mewujudkan RL sebagai kota pendidikan. "Mengingat pendidikan itu penting, maka dukungan Pemkab RL terhadap pendidikan di STAIN harus terus dilakukan. Sebagai salah satunya dengan memberdayakan alumni dalam perekrutan guru agama desa," tandasnya. (CE5)

Sumber: