Kuota Program Magang ke Jepang 72.000 Peserta

Kuota Program Magang ke Jepang 72.000 Peserta

CURUP, CE - Provinsi Bengkulu mendapatkan jatah kuota sebanyak 72.000 peserta untuk diberangkatkan magang ke Jepang. Hal ini seperti diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rejang Lebong Dwi Purnamasari SSos melalui Kabid Bina Pinta Latas, Nihardi.

"Kalau kuota untuk Rejang Lebong sendiri sebenarya tidak terlalu dipatok, itu kan yang mengakomodir pihak Provinsi. Yang jelas kuota untuk kita provinsi Bengkulu sendiri itu ada 72.000 peserta," ungkapnya.

Dikatakan Nihardi bahwa kendati program tersebut untuk pendaftarannya melalui Disnakertrans Provinsi Bengkulu, akan tetapi untuk didaerah sendiri tentunya diperbantukan oleh Disnakertrans Kabupaten. Jadi dengan kata lain Disnakertrans Rejang Lebong sendiri merupakan perpanjangan tangan dari pihak Provinsi.

"Kita statusnya sebagai perpanjangan tangan, kalau ada yang mau mendaftar itu bisa melalui kita disini jadi nanti kita yang akan membantu memfasilitasi ke provinsi. Atau kalau memang ada warga Rejang Lebong langsung mendaftarkan diri ke provinsi itu juga tidak masalah," katanya.

Diungkapkannya bahwa sebenarnya keberadaan pihaknya sendiri adalah untuk meberikan informasi terkait dengan program magang tersebut. Dismping itu tentunya juga membantu masyarakat Rejang Lebong agar tidak usah terlalu jauh sampai ke Bengkulu untuk melakukan pendaftaran.

Lebih jauh dirinya mengatakan bahwa program magang ini tidak bisa untuk diikuti oleh semua masyarakat umum. Pasalnya untuk pendaftaran sendiri syarat minimal harus tematan SLTA sederajat.(CE2)

Sumber: