BUMDes Sari Tani Masuk Lomba Tingkat Provinsi

BUMDes Sari Tani Masuk Lomba Tingkat Provinsi

CURUP, CE - Tim penilai BUMDes dari Provinsi Bengkulu, turun langsung melihat potensi BUMDes Sari Tani yang ada di desa Rimbo Recap. Pantauan CE, pada saat tim dari Provinsi tiba, rombongan disambut langsung oleh Kades Rimbo Recap, Ruhiyat, Sekdes Doni, Drs M Suyamto serta Subakti Sulaiman selaku Bendahara BUMDes, unit barang dan jasa Edi Pirdaus, Wahyudin perangkat desa dan Yulesti Selaku PLD.

Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa (PUED) PMD Provinsi Bengkulu, Bustamam mengatakan BUMDes harus sesuai dengan keadaan yang ada desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Dikatakan bahwa pihaknya meninjau langsung BUMDes Sari Tani lantaran menjadi juara satu tingkat Kabupaten Rejang Lebong.

"Kita lihat potensi di desa Rimbo Recap sangat lumayan dan insyaallah bisa naik ketingkat Provinsi. Tentunya tanpa perhatian kepala desa BUMDes tidak akan maju dan anggota BUMDes harus pro aktif," ungkapnya.

Menurutnya pembangunan didesa tidak hanya dari segi fisik saja, tetapi juga peningkatan perekonomian masyarakat. Dijelaskannya bahwa penilai BUMDes yakni administrasi, apa yang dilakukan ada bukti misalnya setiap ada pengeluaran dan apa yang dimasukan ada buti.

"Mudah-mudahan kedepannya tidak timbul masalah, karena mereka adalah kepercayaan masyarakat," jelasnya. Sementara Kades Rimbo Recap, Ruhiyat menyampaikan BUMDes Sari tani desa Rimbo Recap kegiatannya yakni saprodi, itik, beras dan simpan pinjam.

"Sedangkan jasa di BUMDes molen dengan alat tarup," katanya.

BUMDes ini menonjolkan produk unggulan yang ada yang bertujuan meningkatkan kesejateraan masyarakat.

"Target bukan juara di BUMDes, dengan adanya tim penilai kita bisa menambakan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan potensi di desa demi tercapainya kesejateraan masyarakat," terangnya.

"Tidak terpikir jadi juara kita selama ini hanya mengalir menjalankan pengembangan potensi yang ada desa. Permintaan seperti itik sangat luar biasa," tandasnya. (SR4)

Sumber: