Wow, Harga Iguana Albino Bisa Sampai Rp 50 Juta

Wow, Harga Iguana Albino Bisa Sampai Rp 50 Juta

SURABAYA - Siapa yang tidak tahu iguana? Meski masih bayi, hewan reptil itu bernilai jutaan. Contohnya albino iguana. Untuk umur lima sampai enam bulan, harganya Rp 9 juta. Sedangkan yang dewasa jantan dengan panjang 1,5 meter, harganya mencapai Rp 40 juta-50 juta. "Yang betina bisa di atasnya. Belum lagi kalau ia menang kontes. Harganya bisa naik lagi," jelas Budi Wonosasmito, penyelenggara acara Friendship & Brotherhood di Pakuwon Trade Center.

Albino iguana mempunyai hal yang spesial. Warnanya kuning menyala seperti warna stabilo. Kontras dengan warna matanya yang merah terang. Menurut Budi, memelihara albino iguana tidaklah sulit. "Sama seperti iguana jenis lain. Bedanya, yang albino ini lebih sensi terhadap sinar," jelasnya.

Budi menjelaskan, jika albino iguana itu dijemur di bawah sinar matahari terlalu lama, penglihatannya akan kabur. "Tapi, bukan berarti tidak perlu dijemur. Tetap harus dijemur tiap hari sekitar 15-30 menit saja," sambungnya. Hewan reptil berdarah dingin itu tidak bisa mencerna makanan kalau tidak dijemur. "Mereka itu tidak bisa memproduksi kehangatan pada tubuh sendiri," jelasnya.

Selain soal suhu udara, Budi menyarankan albino iguana diberi makan wortel yang banyak. Tujuannya, kulitnya menjadi lebih cerah. "Tapi, sayur dan buah-buahan yang lain juga perlu," sambungnya. Kepada para penghobi yang ingin mengikutkan iguana dalam kontes, Budi memberikan tip tambahan supaya kulit si binatang kesayangan itu tetap mulus. "Mandikan setiap hari," ujarnya. (ama/c6/ayi)

Sumber: