Musim Kemarau Waspada Karhutla

Musim Kemarau Waspada Karhutla

CURUP, CE - Memasuki musim kemarau saat ini, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Rejang Lebong meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
Kadis Damkar RL, Drs Muradi bahwa dalam rangka menghadapi kemungkinan potensi Karhutla pihaknya saat ini telah menyiapkan bantuan peralatan termasuk personel.

"Selain menyiagakan mobil pemadam, selang air panjang 600 meter, motor pemadam dan Tanki, kita juga menyiapkan personel," ujarnya.

Untuk mobil pemadam, itu ada 12 unit yang saat ini disiagakan. Rinciannya, 7 yang saat ini ada Mako Disdamkar di kawasan S Sukowati dan 5 lainnya tersebar di 5 Kecamatan.

"Sedangkan untuk personel, ada 130 orang. Jika ada kasus Karhutla, kami siap membantu dengan peralatan dan personel yang ada. Meskipun penanganan Karhutla dibawa Kendali BPBD," sampainya.
Disisi lain, Sumardi memetakan ada sejumlah Kecamatan yang rawan dan langganan terjadinya Karhutla.

"Seperti Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kota Padang dan Bermani Ulu. Meskipun saat ini belum ada laporan Karhutla, namun ini perlu diwaspadai karena Kebakaran Hutan dan Lahan bisa terjadi kapan saja," pungkasnya. (CE5)

Sumber: