SMPN 2 Tuan Rumah KSN Jenjang SMP

SMPN 2 Tuan Rumah KSN Jenjang SMP

CE ONLINE - Sempat mengalami penundaan beberapa kali, karena adanya Pandemi Corona Virus Disease 2019, Kompetisi Sains Nasional (KNS) tingkat Kabupaten jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2020, akan kembali digelar. Dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kepahiang Nining F Pasju, S.Pt, KSN yang menjadi nama baru dari OSN, berdasarkan petunjuk yang diterima pihaknya, baru akan digelar Selasa, (15/9).
"Jika tidak ada perubahan lagi lusa (Selasa, 15/9, red), KSN jenjang SMP akan kita laksanakan," ungkap Nining.
Dijelaskan Nining, mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 dan guna menjalankan protokol kesehatan, pelaksanaan KSN, yang akan memperlombakan 3 mata pelajaran IPA, Matematika dan IPS, yang akan diikuti puluhan siswa SMP sederajat se Kabupaten Kepahiang, pelaksanaannya akan digelar di SMPN 2 Kepahiang di Desa Kutorejo.
"Pelaksanaannya akan digelar secara manual, peserta akan mengisi lembar jawaban dalam kertas kerja, karena jumlahnya cukup banyak, pelaksanaannya akan kita laksanakan di SMPN 2 Kepahiang," ujar Nining.
Setiap juara dari masing-masing Mapel, dikatakan Nining, berhak untuk mewakili Kabupaten Kepahiang pada ajang tingkat provinsi, yang mana jadwalnya masih menunggu petunjuk dari Dikbud Provinsi.
"Selain akan mendapatkan piala dan piagam, nanti juara 1 sampai 3 setiap Mapel akan kita utus untuk mewakili Kepahiang KSN di tingkat provinsi," ujarnya.
Lebih lanjut dikatakan Nining, meski dengan jumlah yang terbatas 1 sekolah hanya mengirimkan 1 perwakilan untuk setiap Mapel, dalam situasi pandemi, pihak panitia akan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat bagi setiap peserta. Dimana peserta wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum memasuki ruang perlombaan, pengukuran suhu tubuh, serta penjagaan jarak antar peserta dengan peserta yang lain.
"Mudah-mudahan walau dalam kondisi pandemi, tidak akan mengurangi makna dari kegiatan, dan ini juga merupakan evaluasi terhadap sistem pembelajaran disekolah masing-masing," tukas Nining. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: