Bupati Jawab Pandangan Umum Fraksi

Bupati Jawab Pandangan Umum Fraksi

CE ONLINE - Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM. IPU menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda Perubahan APBD Kabupaten Kepahiang tahun anggaran 2020. Penyampaian Bupati ini dalam rapat paripurna DPRD diruang sidang utama kantor DPRD Kabupaten Kepahiang pada Selasa (15/09) kemarin.
Disampaikan Bupati atas pemandangan umum fraksi Nasdem, bahwa apresiasi dan terima kasih atas masukan yang diberikan, Pemkab Kepahiang akan berusaha melakukan kegiatan secara efektif dan efisien. Sehingga dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat termasuk dalam peningkatan SDM.

Terhadap kegiatan penanganan covid-19 telah dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis. Yang mana disampaikan Bupati Pemkab Kepahiang juga mendapatkan hibah dari BNPB untuk kegiatan rehabilitas dan rekonstruksi sebesar Rp Rp.22.312.500,000.
Menanggapi pemandangan umum Fraksi Golkar GPPI disampaikan bupati bahwa terhadap pinjaman PT SMI sebesar Rp.59.977.020.000 sampai dengan saat ini belum ada realisasi. Hal ini dikarenakan belum ada progres pekerjaan yang dilaporkan ke PT.SMI, berkaitan dengan angka sebesar Rp. 51.758.593.400 yang dipertanyakan merupakan anggaran pinjaman kepada PT.SMI pada APBD regular tahun 2020 dimana sisa Rp.8.281.426.600 sudah diproyeksikan terealisasi pada tahun anggaran 2019.

Sementara itu terkait penggunaan dan realisasi anggaran penanggulangan covid-19 dikabupaten Kepahiang telah dianggarakan sebesar Rp.18.749.173.106, dengan realisasi sebesar Rp.7.459.737.100 atau 39,79 persen. Yang rinciannya sebagai berikut, pencegahan dan penanganan sebesar Rp.11.732.683.106 dengan realisasi Rp.3.579.437.100 pada OPD Dinas Kesehatan dan BPBD, Penyediaan peralatan dan perlengkapan penanganan sebesar Rp.1.016.490.000 dengan realisasi sebesar Rp.190.000.000 pada RSUD, dan pengadaan sembako Rp.6.000.000.000 dengan realisasi sebesar Rp.3.672.300.000 pada 2 tahap untuk 12.000 penerima manfaat.

Menanggapi pemandangan umum fraksi kebangkitan bangsa, disampaikan bupati bahwa Pemkab Kepahiang akan terus menggali sumber PAD dengan meningkatkan kerja sama kepada semua stakeholder agar target yang ditetapkan dapat tercapai, terkait perizinan IMB pada perda nomor 03 tahun 2011 tentang perijinan tertentu masih mempunyai kelemahan antara lain belum adanya sanksi bagi bangunan yang tidak memiliki IMB.
Ditambahkan bupati terhadap masalah pengelolaan sampah, telah dilakukan dengan program pengembangan pengelolaan dan penyediaan sarana dan prasarana serta sosialisasi kebijakan pengelolaan persampahan.
"Melalui program ini kita sudah memiliki mesin pengelola sampah (TPS3R) Tempat pengelolaan sampah Reuse, Reduse dan recycle yang ada di Desa Tebat Monok dan Tangsi Baru, kedepan harapan kita bersama masalah sampah ini dapat diselesaikan dengan baik dengan penambahan TPS3R ," sampai bupati.

Menanggapi pemandangan fraksi Demokrat Hati Nurani, dikatakan Bupati, Pemkab Kepahiang memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas perhatian fraksi Demokrat Hati Nurani untuk melaksanakan program kegiatan secara efektif dan efisien untuk masyarakat kabupaten kepahiang.
"Program dan kegiatan pada perubahan APBD tahun 2020 sudah difokuskan dalam membantu penanganan dampak ekonomi akibat covid-19 dimana salah satunya adalah pemberian bantuan sembako untuk keluarga yang kurang mampu," pungkas bupati.
"Semoga apa yang menjadi fokus permasalahan selama ini bisa kita tanggani bersama dengan adanya sinergisitas antar lembaga di Kabupaten Kepahiang," tegas Bupati.

Atas saran dan masukan serta catatan catatan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kepahiang, tegas Bupati semuanya akan menjadi bahan evaluasi bersama OPD OPD di Lingkungan Pemkab Kepahiabg untuk dapat memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kepahiang.
Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua 1 DPRD Andrian Defandra,SE.M.Si dengan di dampingi Wakil Ketua II Drs.H.M.Thobari Muad,SH serta dalam penyampaiannya Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra,SE,M.Si, mengatakan, sesuai dengan mekanisme pembahasan raperda, setelah menerima jawaban bupati kemarin, maka rancangan Perubahan APBD tahun 2020 ini akan diserahkan kepada badan anggaran DPRD dalam rapat gabungan komisi yang dilaksanakn setelah rapat paripurna kemari untuk dibahas dan dipelajari kembali secara mendalam, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sampainya.

Hadir dalam rapat Paripurna Bupati Kepahiang Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid. MM. IPU, Kapolres Kepahiang diwakili Kabag Ren Kompol H.Beni Rasyid, Dandim O409 RL diwakili Kasdim Mayor.Arh.M.Zaini Nurdin, Kajari Kepahiang diwakili Kasi intel Arya Masepa, SH, Sekretaris Pengadilan Negeri Kepahiang Achwan Syarnubi,SH, Ketua Pengadilan Agama Kepahiang M.Yuzar,S.Ag.MH, Sekretaris Daerah Kepahiang Zamzami,Z,SE.MM, Para asisten, staf ahli Setda dan jajaran kepala OPD dalam Lingkup pemerintah kabupaten Kepahiang. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: