Hanya Desa Suro Bali Belum Ajukan DD Tahap II, SPj Lengkap, Bisa Ajukan Pencairan

Hanya Desa Suro Bali Belum Ajukan DD Tahap II, SPj Lengkap, Bisa Ajukan Pencairan

CE ONLINE - Entah apa yang menjadi persoalan, karena sampai dengan minggu ke 2 September, dari 105 Desa se Kabupaten Kepahiang. Hanya Desa Suro Bali Kecamatan Ujan Mas yaang belum sama sekali mengajukan usulan pencairan dana desa (DD) tahap II.
Sementara itu 104 desa lainnya sudah melakukan pencairan DD tahap II sudah bisa kembali untuk mengusulkan pencairan DD tahap akhir.
"Kami tidak tahu apa yang menjadi alasan atau kendala Pemdes Suro Bali, yang sampai sekarang (Kemarin,red) belum sama sekali mengajukan usulan pencairan DD tahap II yang besarannya 40 dari jumlah DD yang diterima," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang Ir Ris Irianto.
Dikatakan Ris, selaku OPD yang berwewenang, pihaknya telah beberapa kali mengingatkan Pemdes Suro Bali, untuk segera melakukan pengusulan DD tahap II. Karena menurut Ris, dalam DD tahap 2 itu ada hak masyarakat yang harus segera diberikan Pemdes, seperti halnya pemberian bantuan langsung tunai (BLT-DD) tahap II sesuai dengan instruksu Pemerintah Pusat untuk masyarakat terdampak Covid-19.
"Kami juga sudah ingatkan kalau keterlambatan pencairan dan keterlambatan dalam penyampaian laporan, itu ada konsekuwensinya bagi desa dan juga masyarakat lain," ujarnya.
Dijelaskannya, konsekwensi terbesar yang nanti akan diterima Pemdes karena tidak tepat waktu dalam pencairan dan pelaporan, bisa terjadi pemotongan jumlah DD yang akan diterima pada tahun berikutnya.
"Ini untuk yang kesekian kalinya melalui media CE ini, saya ingatkan Pemdes Suro Bali untuk segera menyampaikan usulan penarikan DD tahap II. Karena ada kewajiban untuk membayarkan BLT untuk warga desanya yang terdampak Covid-19," tegas Ris.
Lebih lanjut dikatakan Kadis, untuk 104 desa lainnya yang sudah melakukan pencairan DD tahap II, sudah bisa kembali untuk menyiapkan usulan DD tahap III (Akhir).
"Kalau untuk DD tahap III, bagi desa yang sudah memanfaatkan anggarannya, saya rasa sudah bisa kembali untuk mengusulkan DD tahap III yang besarannya 20 persen dari jumlah DD yang diterima," ujarnya.
Syaratnya tegas Ris, Desa sudah melaksanakan pemberian BLT DD Tahap II untuk waktu Juli sampai dengan September, yang besarannya Rp 300 ribu/bulan. Dengan menyertakan SPj penggunaan DD tahap I dan II. (CE7)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: