Kuasai “Media” Dia Pemenangnya

Kuasai “Media” Dia Pemenangnya

CE ONLINE - Akademisi dan pengamat Politik Universitas Bengkulu Dr. Azhar Marwan, menilai kontestasi politik Pilkada serentak 2020 terutama di Kepahiang sangat menarik untuk dicermati.
Selain hanya diikuti 2 pasangan calon Petahana dan Pendatang, kedua Paslon juga sama-sama memiliki masa real.
Dikatakan Azhar Marwan, penentu kemenangan dari kontestasi 5 tahunan ini hanya ada pada siapa yang bisa menguasai media. Karena menurutnya, dalam teori political marketing ada tiga strategi politik yang bisa dimainkan untuk menjadi sebuah kekuatan.
Pertama kekuatan figur atau pash marketing, kedua pemanfaatan tim pemenangan atau push marketing dan ketiga melalui strategi full marketing atau penggunaan berbagai macam media. Mana yang penting serta perlu dimaksimalkan, sangat tergantung pada pemetaan segmentasi pemilih, karena keunggulan masing-masing strategi tentu bersifat kondisional dan tentatif.
"Kunci utamanya memang berawal dari kekuatan figur atau seberapa kuat nilai jual figur itu dimata para pemilih," ungkap Azhar.
Akan tetapi jelasnya, selain kekuatan figur itu sendiri. Orang-orang pengikut dan atau yang membawa figur, juga berpengaruh besar terhadap proses pemenangan. bersambung.....

Untuk berita lengkap silahkan baca koran Curup Ekspress edisi 28 September 2020.

Sumber: