PKBM Sulthon Cetak Pengusaha Muda Kopi Kekinian Bujang Semulen Kepahiang

PKBM Sulthon Cetak Pengusaha Muda Kopi Kekinian Bujang Semulen Kepahiang

CE ONLINE - Sedikitnya 25 peserta yang terdiri dari anak-anak muda Kabupaten Kepahiang, ambil bagian dalam kegiatan program pendidikan kecakapan wirausaha (PKBM) yang diselenggarakan oleh PKBM Sulthon. Kegiatan tersebut hasil bekerja sama PKBM Sulthon bersama Kemendikbud RI, Bank BRI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kepahiang dan UMKM kopi.

Kadis Dikbud foto bersama dengan pengurus PKM Sulthon

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kadis Dikbud Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd, Selasa (13/10) kemarin dilaksanakan di gerai Kopi Kepahiang yang beralamatkan di Jalan Lintas Kepahiang - Pagar Alam Kelurahan Pasar Ujung Kepahiang.

Sambutan Ketua OKM Sulthon Kepahiang, R Hengky Agustian

Dalam sambutannya Ketua OKM Sulthon Kepahiang, R Hengky Agustian menyampaikan jika sebanyak 25 peserta ini nantinya akan dilatih dan dicetak untuk menjadi perbendaharaan Pengusaha UMKM di Kabupaten Kepahiang. Tentunya tujuanya untuk mengurangi angka pengangguran dan membuka lapangan kerja baru bagi pemuda usia produktif di Kabupaten Kepahiang.
"Nanti peserta ini, akan kami latih oleh beberapa narasumber, yang berkompeten di bidangnya masing-masing," ungkap Hengky.

Dijelaskannya, sampai akhir sebanyak 25 peserta pelatihan ini akan digembleng menjadi wirausahawan dan wirausahawati selama 2 bulan penuh. Baik dalam bidang pemasaran melalui digital maupun bidang pengembangan usaha lainnya.
"Setelah selesai pelatihan ini nanti mereka akan kami berikan dan bekali modal usaha penuh dalam bentuk peralatan dan bahan baku, makamitu kami juga bekerjasama dengan gerai kopi Kepahiang," ujarnya.

Kadis Dikbud foto bersama dengan peserta PKW dan pembina PKM Sulthon Kepahiang

Tidak sampai disitu, sambung Hengky. Selama 1 tahun pula pihaknya akan mendampingi pengusaha pengusaha muda Kepahiang ini sampai dengan kelamnya mereka benar-benar bisa mandiri dan berhasil. Dan tegas Hengky, hadirnya pihak BRI dalam program ini, juga diharapkan kedepan bisa memberikan bantuan permodalan dengan suku bunga ringan.
"Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini, lahir dan tumbuh pengusaha muda Kepahiang," tukasnya.

Disisi lain Kadis Dikbud Kepahiang Hartono, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PKBM Sulthon. Disampaikan Kadis, Pemkab Kepahiang dipastikan akan membantu dan mensupot lahirnya pengusaha pengusaha muda dan baru di Kabupaten Kepahiang.
"Sekarang ini Rumah Adat Kepahiang itu sudah sepenuhnya diserahkan kepada kami untuk pengelolaannya," ungkap Hartono.

Berada bersebelahan dengan kantor DPRD Dan Pemkab Kepahiang, tegas Hartono menjadi tempat yang strategis untuk dibukanya tempat usaha bagi warga Kepahiang, terkhusus untuk calon pengusaha muda Kepahiang yang kemarin mulai dilatih.
"Khusus untuk anak anak semua, saya persilahkan nanti untuk membuka gerai kopi disana, semua gratis dan tidak akan dipungut sewanya," janji Hartono.

Karena sesuai dengan visi dan misi Pemkab Kepahiang saat ini, salah satunya mensejahterakan masyarakat, yang didalamnya ada membuka seluas luasnya ruang untuk hadirnya pengusaha pengusaha muda dari warga Kepahiang sendiri, guna mengurangi angka pengangguran pada anak anak usia produktif.
"Karena kegiatan ini bagus, dan sangat bermanfaat pesan kami ikuti hingga selesai apa lagi nanti setelah pelatihan ini kalian akan dibekali dengan modal usaha, dan sudah bisa berusaha sendiri," tukasnya. (CE7/Prw)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: